Archive

Archive for the ‘Networking’ Category

Mikrotik Hairpin NAT – Akses ke 2 Server dari Lokal dan Internet


Sebenarnya ini sudah ada pada Wiki Mikrotik, tapi saya tulis juga kalau-kalau ada yang punya permasalahan yang sama dan butuh solusi. Ini bisa diterapkan ke firewall server apa saja, karena prinsipnya sama. Perintah bisa beda dikit, tapi logika pikirnya pasti sama. Jadi begini, saya ada 2 server. Satu database, satunya lagi web server. Kebutuhannya adalah bisa mengakses kedua server ini dari internet, pembedanya hanya port yang dituju. Masalah muncul karena kedua server ini juga diakses dari lokal.

Karena berdasarkan port, kita cukup pakai NAT. Read more…

Categories: Mikrotik, Networking Tags: , ,

Review Huawei HG553 yang sudah diganti ke OpenWRT/LEDE

April 11, 2017 1 comment

Huawei HG553 merupakan router ADSL (bekas) yang dibundling oleh operator Vodafone. Di Indonesia, router ini menjadi favorit karena harganya yang murah meriah. Saya sendiri sudah pakai 2 buah, dibeli dengan harga 140rb. Sangat murah bila dibandingkan dengan TPLink MR3240. Secara kemampuan, router ini mirip dengan TPLINK MR3420, ada port USB nya. Tapi sayangnya bentuknya besar sekali dan antena hanya antena internal.

Sekalipun begitu, saya amati router ini cukup tangguh, pernah di tempat yang saya pasang, ada 27 perangkat yang terkoneksi. Memang sih sebagian besar perangkat yang terkoneksi hanya idle, tidak ada data yang dilewatkan, tapi walaupun demikian, perangkat yang terkoneksi tidak mengalami kemacetan saat mulai mengakses jaringan.

Kelemahan HG553: Read more…

Mikrotik VS UBNT – sharing pengalaman.

March 30, 2017 2 comments

Memulai artikel ini sebenarnya hanya akan memicu perdebatan tiada ujung karena masing-masing penggemar akan mengeluarkan argumen masing-masing. Tapi biarlah kali ini saya memunculkan argumen saya sebagai orang yang sudah melakukan setting pada kedua merk perangkat ini. Maafkanlah bila ternyata saya yang kurang mampu melakukan setting yang baik pada perangkat tertentu.

Jadi ceritanya begini, salah satu teman saya bertanya di Facebook, habis dapat bandwidth gratis, enaknya pakai apa ya sebagai router dan AP Hotspotnya. Saya menjawab, router pakai mikrotik dan AP hotspotnya pakai Ubiquity (UBNT) Unifi kalau mau stabil. Lalu ada salah satu orang yang mendebat saya, katanya AP yang bagus sebaiknya pakai Mikrotik karena CPU dan RAM besar.

Well… Sah-sah juga pendapatnya, tapi mari saya uraikan berdasarkan pengalaman saya. Read more…

Instalasi OpenWRT di UBNT UniFi AP LR


Beberapa waktu lalu kantor membeli Access Point baru (atas permintaan saya sih..) karena di beberapa lokasi usernya sudah terlalu banyak dan tidak bisa lagi tertangani dengan stabil. Waktu itu saya sudah mencoba membuat 2 buah Access Point untuk 1 lokasi, dengan harapan akan bisa membagi beban jaringan antar Access Point. Tapi ternyata harga memang berpengaruh pada kualitas perangkat.

Akhirnya setelah browsing sana-sini, saya memutuskan menggunakan UBNT UniFi sebagai Access Point. Faktor yang dipertimbangkan karena AP ini sudah MIMO, stabil dan daya pancar yang cukup besar.

Ini penampakannya:

unifi-ap-features-design

Awalnya saya berniat menggunakan UniFi controller, karena tujuannya beli ini ya karena kemudahannya. Tapi utak atik beberapa jam, ini AP masih aja bengong. Jengkel dan karena dikejar waktu, saya akhirnya  memutuskan menggunakan OpenWRT.

Berikut adalah langkah-langkahnya. (Sori gambar screenshoot gak ada). Read more…

Categories: Networking, Tips n Trick Tags: , ,

Mengatur Pemasangan Wifi di Area Padat Wifi


Saya belum sempat memberikan tutorial lengkap-nya, tapi sebagai gantinya, anda bisa baca-baca penjelasan dri Cisco.

File PDF saya download dari web-nya Cisco, hanya saja lupa link aslinya dimana. Read more…

Categories: Networking, Tips n Trick

Solusi Lupa Password Wifi Andromax M2S


Salah satu kawan di blog ini bertanya kalau dia lupa password nya M2S, kebetulan stikernya juga udah hilang. Dari komentar di blog, salah satu rekan menyebutkan bahwa password wifi standar Andromax M2S adalah 8 digit terakhir dari nomor IMEI modem (yang juga ada di stikernya M2S – biasanya juga ada di di dusnya).

jadi kalau IMEI modem adalah 35210232487663, maka password wifi standar M2S adalah: 32487663

Jadi gimana dong kalau sudah terlanjur disetting tapi lupa password? Read more…

Hack / Unlock Andromax M2S (belum berhasil)


Sebenarnya tidak ada niatan sama sekali untuk ngoprek Smartfren Andromax M2S, karena diawal saya agak pesimis daerah tempat tinggal saya ada sinyal smartfren yang bagus. Dulu sih pernah pakai Andromax-i tapi ternyata kualitas EVDO di daerah rumah kurang bagus, akhirnya kami menggunakan operator GSM untuk akses internet. Tapi akhirnya terbeli juga andromax M2S ini.

Anda bisa lihat review di situs lain apakah Andromax M2S bagus atau tidak, saya tidak akan membahas hal itu di posting ini. Lalu kenapa saya pilih Andromax M2S dan bukannya M2Y atau M2P? Terus terang buat saya pribadi, alasan membeli karena yang pertama ini buatan LG, dan yang kedua karena menggunakan chipset Qualcomm.

Baik sekarang analisanya: Read more…