Home > Linux Experience, Networking, Tips n Trick, Virtualbox > Virtualbox Network Emulator – Tipe Jaringan dan Cara Mempercepat Jaringan

Virtualbox Network Emulator – Tipe Jaringan dan Cara Mempercepat Jaringan

Saya sebenarnya masih berhutang untuk menulis di blog ini tentang emulator jaringan. Karena salah satu kendala susahnya belajar jaringan adalah keterbatasan perangkat jaringan yang dimiliki. Mau beli ya perlu modal, padahal perangkat jaringan misal Mikrotik Router paling murah harganya Rp.500.000,-. Itu saja masih susah kalau hanya punya satu macam saja, anda perlu mencoba beberapa versi agar berpengalaman. Saya akan bahas tuntas begitu ada waktu (kapan ya…?).

Ok, saya saat ini akan membahas jaringan pada virtualbox. Pada dasarnya ada beberapa macam , tergantung versi Virtualbox anda. Berikut penjelasan tentang jenis jaringan yang didukung Virtualbox hingga versi 4.

virtualbox-networking

virtualbox-networking

NAT

ini adalah default Virtualbox. PC anda akan menerjemahkan (NAT) jaringan ke Guest OS didalam virtualbox. Ini adalah pintu satu arah.

NAT Network

sama seperti NAT, hanya saja anda bisa memilih pengaturan NAT. Untuk mengubah pengaturan NAT buka menu File – Preferences dari Virtualbox. Sepertinya hanya ada di Virtualbox versi 4.

Bridged Adapter

Guest OS langsung terhubung secara fisik ke perangkat jaringan yang ada di PC, misal ke WLAN atau ke Ethernet.

Internal Network

ini seperti ditancapkan ke sebuah switch/hub. Jadi bila anda mempunyai 2 Guest OS yang akan dihubungkan, maka gunakan Internal Network dengan nama yang sama. (Lain kali akan saya bahas lebih dalam)

Host Only

nah kalau ini sama dengan gabungan Bridged Adapter dan Internal Network. Kalau dengan Internal Network, PC anda tidak akan bisa berkomunikasi dengan Guest OS, maka dengan menggunakan mode Host Only anda bisa terhubung dengan Guest OS. Misalnya Guest OS adalah Mikrotik, maka PC anda bisa menggunakan Winbox untuk mengatur Guest OS. Bingung? (Lain kali saya bahas, tenang gan!)

Generic Driver

yang ini sih jarang digunakan, nanti kalau sudah saya utak-atik pasti saya bahas! (Dari tadi janji melulu..)

Pengaturan dan Tweak

Nah, untuk kecepatan jaringan ternyata ada beberapa fakta yang mengecewakan dan menggembirakan.

  1. Jaringan tercepat untuk koneksi keluar adalah Bridged Adaper dan terlambat adalah NAT
  2. Untuk internal Virtualbox, jadi model Host Only, dan Internal Network hanya dibatasi oleh tipe kartu jaringan virtual anda.

Tipe adapter jaringan di Virtualbox

Ada 3 macam tipe adapter jaringan di Virtualbox (bisa digunakan di semua model jaringan):

  1. PC-Net, ada tipe II dan tipe III. Ini adalah kartu jaringan yang paling diterima oleh semua GuestOS. Kecepatan teoritis adalah 100 Mbps
  2. Intel Pro. Untuk Guest OS Windows XP anda perlu download driver khusus. Kecepatan teoritis adalah 1 Gbps
  3. Paravirtualized Network (virtio-net). Ini perlu driver khusus juga. Kecepatan teoritis tidak terbatas karena internal Virtualbox.

Dari ketiga tipe jaringan diatas, yang paling lambat adalah PC-Net dan yang paling cepat adalah virtio-net. Tapi kabar buruknya adalah kecepatan diatas adalah kecepatan teoritis.

Uji coba

Saya melakukan uji coba pengukuran bandwidth antar Guest OS Mikrotik yang terhubung dengan model Internal Network dan berikut adalah hasilnya:

  • PC-Net hanya menghasilkan kecepatan 10-20 Mbps duplex, harusnya sekitar 40-50 Mbps duplex
  • Intel Pro menghasilkan 30-50 Mbps duplex, harusnya sekitar 400-500 Mbps duplex.
  • Virtio-net menghasilkan 100-150 Mbps duplex.

Lalu saya mencoba melakukan bonding tiga kartu jaringan dengan harapan kecepatannya menjadi 3 kali lipat, tapi ternyata tetap menghasilkan hasil yang sama. Saya curiga Virtualbox tidak mendukung protokol bonding 802.3ad karena terlihat bahwa trafik tersebar rata di 3 ethernet yang dibonding.

Kesimpulan

Oh ya, untuk sharing data dari Host ke Guest tidak ditentukan oleh jenis jaringan Guest karena otomatis menggunakan driver internal Virtualbox.

Jadi kesimpulannya kalau anda ingin mensimulasikan tipe jaringan tercepat didalam virtualbox, gunakan pengaturan virtio-net.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: