Virtualbox Network Simulator – Client Setup Puppy Linux

Seri ini termasuk dalam bahasan menggunakan virtualbox untuk network simulator. Dalam network simulator anda memerlukan minimal dua sistem:
1. Server
2. Client

Sekarang kita akan membahas bagaimana membuat client untuk virtualbox yang akan digunakan dalam network simulator. Ada beberapa hal yang saya rasa anda perlu perhatikan saat membuat sistem client, terutama bila anda membutuhkan beberapa client berjalan bersamaan, yaitu:
1. Harus irit RAM. Saya menyarankan maksimal alokasi RAM 128 MB per client.
2. Harus irit space harddisk. Alokasi harddisk sedapat mungkin kurang dari 1GB, akan sangat terasa bila kita membuat clone dari virtualmachine.

Untuk OS client, WindowsXP bisa menjadi pilihan karena bisa dijalankan dengan RAM 128MB, sayang space harddisk minimal 2GB. Tidak optimal bila anda memerlukan beberapa OS client. Virtualbox juga tidak mendukung Windows98/ME dengan baik.

Pilihan kedua jatuh ke Linux, tentu saja linux jenis ringan yang bisa berjalan dengan baik pada RAM 128MB dan instalasi kecil. Linux sekelas Ubuntu/Debian tidak cocok untuk ini.

Dari beberapa pilihan itu, akhirnya saya memutuskan menggunakan Puppy Linux karena sifatnya modular dan bisa dijalankan dengan RAM kecil. Sebenarnya DamnSmallLinux juga bisa, tapi tampilan dan cara pengaturan Puppy Linux lebih baik.
Ada beberapa trick yang bisa kita terapkan saat menggunakan Puppy Linux:
1. Space harddisk virtual yang anda perlukan cukup 96 MB, dengan 32MB ruang simpan dan 64MB swap.
2. Atur harddisk dan CD ROM agar terhubung ke SATA dan bukan IDE untuk meningkatkan respon sistem.
3. RAM yang diperlukan hanya 64MB! Tapi pada saat pertama kali Puppy Linux dijalankan, atur dulu RAM ke 256MB lalu lakukan gparted pada harddisk virtual. Setelah itu RAM bisa dikecilkan ke 64MB.
4. Puppy akan meminta menyimpan pengaturan dan sebagainya pada waktu dimatikan, disinilah peran harddisk virtual.

Kenapa cukup 64MB? Puppy Linux akan memanfaatkan swap partition, sehingga aplikasi yang boros RAM masih tertangani oleh harddisk virtual.

Berikut adalah screenshoot dari penjelasan diatas:

 

Author: betweenmeandlinux

I'am a nationalist. I love my country, Indonesia.

Leave a comment