Lupa password root untuk recovery Ubuntu?

Baru-baru ini adik saya tertarik dengan Linux setelah magang di kantor. Nah, karena laptop ayah yang di Thailand lupa password, maka dengan berpulangnya saya ke Thailand, maka sekalian lah laptop masuk ke perawatan saya. Btw, ayah angkat saya ini memang menyukai Ubuntu, katanya mudah dan cepat daripada Windows. (ya iya sih, kan udah di-setting sedemikian oleh saya. Makanya berasa seperti MacOS)

Ok, kembali ke kasus. Laptop ini saya setting autologin tapi password lupa. Jadi saya reset manual lewat recovery boot dan terminal. Sekalian saya pasang root password. Nah, adik saya rupanya menemukan cara lain waktu googling di web. Hanya saja dia tidak tahu bagaimana mengaplikasikan cara itu. Singkatnya, ini caranya bila anda perlu reset password tanpa perlu tahu password root:

1. Waktu booting dan muncul grub, tekan tombol e (edit)
2. Lalu ganti bagian “ro quiet splash” hingga bagian belakang dengan ini “rw init=/bin/bash
3. Tekan CTRL+X atau F10 untuk booting.
4. Prompt root@none akan muncul.
5. Untuk ubah password ketik saja passwd usernamenya_apa
6. Ketik sync untuk menulis sinkronisasi ke harddisk
7. Lalu reboot

Author: betweenmeandlinux

I'am a nationalist. I love my country, Indonesia.

Leave a comment