Instalasi OpenWRT di UBNT UniFi AP LR

Beberapa waktu lalu kantor membeli Access Point baru (atas permintaan saya sih..) karena di beberapa lokasi usernya sudah terlalu banyak dan tidak bisa lagi tertangani dengan stabil. Waktu itu saya sudah mencoba membuat 2 buah Access Point untuk 1 lokasi, dengan harapan akan bisa membagi beban jaringan antar Access Point. Tapi ternyata harga memang berpengaruh pada kualitas perangkat.

Akhirnya setelah browsing sana-sini, saya memutuskan menggunakan UBNT UniFi sebagai Access Point. Faktor yang dipertimbangkan karena AP ini sudah MIMO, stabil dan daya pancar yang cukup besar.

Ini penampakannya:

unifi-ap-features-design

Awalnya saya berniat menggunakan UniFi controller, karena tujuannya beli ini ya karena kemudahannya. Tapi utak atik beberapa jam, ini AP masih aja bengong. Jengkel dan karena dikejar waktu, saya akhirnya  memutuskan menggunakan OpenWRT.

Berikut adalah langkah-langkahnya. (Sori gambar screenshoot gak ada).

1. Download dulu firmware dari situs openwrt. Saya menggunakan versi 14.07 (Barrier Breaker) karena sudah tidak perlu lagi mengganti versi firmware. Bisa didownload disini. Saya mengasumsikan firmware perangkat adalah 3.x.

2. Nyalakan UniFi. Lebih baik laptop/komputer dan UniFi dihubungkan langsung. Atur IP Address sebagai berikut:

ip address laptop: 192.168.1.2/24

ip address UniFi (bawaan): 192.168.1.20

3. Install dulu UniFi controller, lalu atur Wireless dan Network dan biarkan UniFi controller “adopt” perangkatnya. Lampu UniFi akan berubah dari oranye menjadi hijau. Ini harus dilakukan karena waktu saya coba langsung UniFi dalam posisi lampu oranye, SSH tidak berjalan (entah kenapa..?). Setelah lampu hijau menyala, matikan UniFi controller dan jalankan langkah-langkah berikutnya.

4. Buka terminal pertama, lalu SSH dulu ke UniFi. (bisa pakai putty)

ssh ubnt@192.168.1.20

password: ubnt

5. Buka terminal kedua (atau bisa juga pakai winSCP). SCP firmware ke /tmp

scp openwrt-ar71xx-generic-ubnt-unifi-squashfs-factory.bin ubnt@192.168.1.20:/tmp

6. Masih di terminal pertama, masuk ke /tmp dan jalankan perintah ini:
mv /tmp/openwrt-ar71xx-generic-ubnt-unifi-squashfs-factory.bin /tmp/fwupdate.bin
cd /tmp
nohup syswrapper.sh upgrade2

7. Tunggu UniFi reboot. Butuh sekitar 1 menit. Sambil menunggu sebaiknya jalankan perintah ping 192.168.1.1 untuk mengetahui apakah openwrt sudah boot. Kalau sudah reply cukup banyak, berarti openwrt sudah menyala.

Tips untuk pengaturan jaringan.

1. Waktu anda ssh ke UniFi, lalu menjalankan ifconfig. Anda akan menemukan bahwa WAN ada di eth1. Sebenarnya eth1 tidak ada.

2. Dalam kasus saya, saya membutuhkan VLAN8 dan VLAN10. VLAN8 untuk management perangkat, sedangkan VLAN10 untuk Hotspot. Jadi berikut yang saya buat di pengaturan /etc/config/network

config interface 'VLAN10'
option type 'bridge'
option ifname 'eth0.10'

config interface 'VLAN8'
option ifname 'eth0.8'
option proto 'static'
option ipaddr '192.168.101.24'
option netmask '255.255.255.0'
option gateway '192.168.101.1'
option dns '192.168.101.1'

3. Kalau UniFi dipasang di jaringan baru, dan anda punya 1 PC yang bisa dijadikan UniFi Controller, saya mendorong anda menggunakan model UniFi controller karena lebih mudah dan nyaman. Tapi kalau jaringan anda sudah mix dengan perangkat lain dan UniFi AP hanya ada beberapa saja, maka UniFi controller mungkin akan terasa mengganggu. Jadi pikirkan baik-baik.

Sumber:

https://wiki.openwrt.org/toh/ubiquiti/unifi

Author: betweenmeandlinux

I'am a nationalist. I love my country, Indonesia.

One thought on “Instalasi OpenWRT di UBNT UniFi AP LR”

Leave a comment