Home > Hack, Linux Experience, Tips n Trick > Hack Smartfren Andromax Mifi M2Y M3Z

Hack Smartfren Andromax Mifi M2Y M3Z

Yang kali ini beneran hack Smartfren Andromax mifi M2Y M3Z dan mendapatkan passwordnya. Jadi ceritanya begini, suatu kali saya iseng-iseng scan jaringan wifi waktu lagi nongkrong di salah satu kafe. Kebetulan kafe-nya rame buanget, jadi saya pikir kayanya asyik nih kalau ada yang bisa dilihat-lihat ada apa di jaringan, pas kebetulan saya memang habis pulang kantor, pas bawa laptop.

Dan ternyata terdeteksi lah sebuah SSID dengan nama Andromax-m2Y-xxx, iseng-iseng saya coba scan apakah memang bisa di-hack. Eh… ternyata bisa dalam hitungan detik! Langsung saya coba konek ke M2Y itu, dan saya coba lihat dulu berapa sih paket datanya. Eh… ternyata cuma Rp.60.000,-. Pikir saya, “Kasihan nih.. pasti mahasiswa, kantong tipis. Kasihan kalau diambil kuotanya.” Dari kejadian itu, saya langsung merasa sepertinya produk Andromax M2Y ini ada lubang keamanannya.

Beberapa hari kemudian, pas saya di kantor, pas bawa laptop. Saya pinjam Mifi Andromax M2Y punya teman saya. Dan ternyata betul. Ada lubang keamanan didalam Andromax M2Y yang secara default aktif dan user tidak tahu, dan ini rentan membuat Andromax M2Y gampang di-hack!

Kebetulan SSID M3Z yang terdeteksi, langsung saya scan. Dan benar saudara-saudara, Andromax M3Z juga ada lubang keamanan yang sama dengan Andromax M2Y.

Lalu apa lubangnya?

Baik M2Y maupun M3Z rentan terhadap serangan WPS Pixie Dust (silahkan googling apa maksudnya). Yang jelas lubang ini membuat hacker bisa mendapatkan password wifi untuk kemudian dia bisa numpang wifi gratis dan menghabiskan kuota user tanpa user tahu bahwa dia sedang dicuri kuotanya.

Untuk pengguna Smartfren Andromax M2Y dan M3Z, sebaiknya matikan/disable WPS didalam Andromax M2Y dan M3Z anda. Saya tidak tahu detail langkah-langkahnya karena saya tidak punya 2 produk itu.

Saya tidak mau membahas detail langkah-langkah hack, mohon jangan menanyakan dan buat yang tahu tolong jangan membahas bagaimana langkah-langkahnya didalam komentar posting. Saya tidak akan segan menghapus komentar yang membuat pembaca melakukan hal ini. Tujuan posting ini adalah untuk membuat pengguna Smartfren menyadari adanya lubang keamanan ini.

Ingat, mencuri kuota orang lain sama dengan mencuri uang. Mengajarkan dengan detail langkah-langkahnya sama dengan mengajar orang lain untuk mencuri. Berdosa, masuk neraka lu.

Jika harus membeli, lalu sebaiknya produk Smartfren Andromax apa? Saya tidak promosi loh, tapi saya sendiri menggunakan Smartfren Andromax M2S (LG Innotek gitu loh). Dan sampai sekarang mifi ini susah dibobol dalamnya.. Arghhh……

Kalau untuk Andromax M2P atau M3Y, belum pernah coba. Kalau ada yang kirim sample, bisa dicoba.😀

Walau sepertinya M3Y secara fisik dan spesifikasi mirip dengan M3Z, kemungkinan besar 2 produk Smartfren Andromax M3Y dan M3Z rentan terhadap serangan WPS Pixie Dust.

Saya sudah email kontak smartfren, semoga mereka menanggapi dengan serius. Karena dari pengalaman, sepertinya advanced user seperti saya malah dianggap sebagai orang aneh oleh font office mereka. Pernah sih saya mau beli nomor perdana dan aktivasi sekalian di HP Andromax i yang sudah saya custom ROM, malah CS nya terheran-heran dan dia pikir itu bukan Andromax, hampir saja HP saya ditolak…

bukti:

hack-andromax-m2y-m3z-2 hack-andromax-m2y-m3z-1

link Andromax yang lain:

Hack / Unlock Andromax M2S (belum berhasil)

Solusi Lupa Password Wifi Andromax M2S

  1. October 7, 2016 at 11:55 am

    ijin gan ane pake modem m2y mau di unlock tapi lagi binggung soalnya saya punya metode tapi belum di coba soalnya lagi bingung belum punya backup system andromax m2ynya kalao agan ada tolong share

    • betweenmeandlinux
      October 9, 2016 at 12:39 am

      Saya ngga punya barangnya gan. Ntar kalau ada temen mau minjemin pasti akan saya share. Sabar ya!🙂

      • Dede
        November 6, 2016 at 10:15 am

        Ane punya om, lg nyari jasa buat unlock m2y tp gk nemu2..

  2. December 3, 2016 at 4:25 pm

    gan pc lu make linux apa windows??

    • betweenmeandlinux
      December 5, 2016 at 2:27 am

      Linux lah… klo serius belajar hack, haus pakai Linux

  3. December 3, 2016 at 4:31 pm

    gan laptop gua kan windows 10, gimana gua make virualbox terus gua instal software baru Linux di virtualbox terus gua belajar buat unlock modem m2y, mumpung leptop masih lega.😀

    • betweenmeandlinux
      December 5, 2016 at 2:28 am

      Gak bisa dari Virtualbox, harus boot langsung ke Linux. Coba pakai rufus untuk buat Live USB. Nanti laptop di-boot dari USB

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

