Home > Linux Experience, Tips n Trick, Virtualbox > Solusi menjalankan android di PC Ubuntu.

Solusi menjalankan android di PC Ubuntu.

Topiknya mungkin sudah jadul, mengingat sudah beberapa tahun ini dibahas. Tapi kali ini saya tetap akan mengangkat topik ini karena banyak tutorial di blog-blog yang sama sekali tidak berhasil dijalankan karena mereka tidak mencantumkan dengan detail versi aplikasi apa saja yang digunakan.

Sebagian besar menyarankan menggunakan Virtualbox + AndroidX86, sebagian lagi menyarankan menggunakan Virtualbox+AndroVM, dan sebagian lagi menyarankan Virtualbox+Genymotion tapi saat saya coba, tidak ada yang berhasil karena tutorial yang ada tidak detail.

Nah, semua tutorial tersebut memang bisa menjalankan OS Android, tapi tidak ada satupun dari berbagai versi Android yang saya coba berhasil menjalankan BBM. Saya sudah coba dari versi lama sampai versi terbaru waktu tulisan ini ditulis pun, BBM selalu muncul error: BBM stop responding.

Ataupun saat dicoba menjalankan game Clash of Clan selalu Not Responding.

Setelah usut punya usut, ternyata permasalahannya sederhana.

Semua website tutorial itu tidak menyebutkan spesifikasi komputer yang dipakai!

 

Ada 2 langkah yang harus anda jalankan supaya Android berjalan lancar di komputer.

1. Cek spesifikasi komputer anda!

Dari pengalaman saya, BBM dan aplikasi Android lain sukses dijalan dengan andoid x86 ataupun Genymotion kalau prosesor anda mendukung virtualisasi! Untuk processor AMD pastikan mempunyai fitur AMD-V, sedangkan untuk Intel harus ada Intel VT-X. Ini syarat mutlak untuk menjalankan baik Android X86 maupun Genymotion.

Contoh, saya punya 2 laptop, yang satu mempunyai processor AMD E450 yang sudah mendukung AMD-V. Di laptop ini Android X86 maupun Genymotion berjalan dengan lancar. Sementara itu laptop kedua, masih menggunakan processor E4400, ternyata tidak support Intel VT-X, sehingga walaupun Android X86 maupun Genymotion bisa dijalankan, tapi banyak aplikasi yang error.

Untuk AMD, sayangnya tidak ada daftarnya, tapi untungnya adalah hampir semua lini CPU AMD sudah mendukung AMD-v. Saya coba cari, tapi hanya menemukan ini: http://support.amd.com/en-us/kb-articles/Pages/GPU120AMDRVICPUsHyperVWin8.aspx

Untuk Intel, anda bisa cek di web ini: http://ark.intel.com/Products/VirtualizationTechnology

Anda bisa cek processor anda lewat website http://cpuboss.com

solusi-android-di-pc-2

2. Aktifkan fitur Acceleration didalam Virtualbox

Buka pengaturan untuk host, masuk ke System, lalu aktifkan Hardware Virtualization.

Aktifkan baik Enable VT-x/AMD-v, maupun Enable Nested Paging.

solusi-android-di-pc-1

Kalau 2 cek list ini ter-disable, berarti CPU anda tidak mendukung virtualisasi.

Kalau tidak mendukung virtualisasi, tidak heran baik Android X86 maupun aplikasi-aplikasinya banyak error. Dengan tips ini, saya tidak menjamin semua aplikasi akan berjalan dengan lancar. Android sudah terlalu kompleks dengan banyak perangkat, jadi bisa saja berjalan lancar di satu laptop sedangkan di laptop lain tidak.

Terakhir, saat ini dengan banyaknya handphone yang berisi chipset Intel, maka banyak pula aplikasi yang semakin lancar dijalankan di Android X86. Saya sendiri banyak main game di laptop daripada di tablet saya.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: