Home > Linux Experience, Tips n Trick > MOCP – MP3 player on Console

MOCP – MP3 player on Console

Kadang saat kita perlu menggunakan komputer untuk aktivitas tinggi, mendadak segala sesuatu menjadi diperhitungkan. Aplikasi-aplikasi lalu dipilah-pilah menjadi kategori aplikasi berat dan aplikasi ringan. Termasuk saya waktu harus develop aplikasi yang memerlukan kinerja prosesor dan RAM yang cukup lumayan di sebuah netbook. Pilihan aplikasi dan DM harus dibuat untuk memastikan tidak mengganggu proses developing.

Lalu apa saja yang perlu dipersiapkan untuk sebuah sistem Linux yang irit memori dan CPU? Yang anda paling perlu sebenarnya hanyalah sebuah Desktop Manager yang ringan dan tanpa embel-embel lain. Intinya semakin sedikit aplikasi yang bekerja, tentu akan lebih banyak sumber daya yang tersedia untuk proses developing.

Untuk desktop manager yang irit RAM dan CPU saya menjatuhkan pilihan ke fluxbox. Selain bisa di-customize, fluxbox sama sekali tidak membebani RAM dan CPU. Sangat kontras sekali saat menggunakan Gnome3 ataupun KDE. Oh ya, kalau tertarik dengan sistem KDE yang ringan, bisa dilihat disini, dan untuk gnome bisa disini.

Nah, karena tidak mungkin rasanya bekerja tanpa mendengarkan musik kesayangan, saya menjatuhkan pilihan kepada MOCP, aplikasi pemutar musik dengan menggunakan konsole. Tampilannya adalah sebagai berikut:

MOCP - Music player on Console

MOCP – Music player on Console

MOCP menampilkan dua panel seperti aplikasi Midnight Commander atau MC, sebelah kiri untuk menjelajah folder, sedangkan sebelah kanan adalah playlist lagu.

Ada beberapa kombinasi keyboard yang bisa anda pakai, saya berikan daftar kombinasi yang akan paling sering anda gunakan karena menu help yang disertakan tidak disusun berdasarkan kebiasaan umum.

  • a = menambahkan lagu
  • TAB berpindah dari jendela kiri ke kanan dan sebaliknya
  • ENTER = bila di jendela kiri berfungsi memainkan lagu, bila di jendela kanan berfungsi untuk masuk ke folder
  • S = shuffle
  • R = repeat
  • Q = quit
  • ? = menampilkan help dan daftar kombinasi tombol

Oh ya, bila anda tutup konsole MOCP, player tetap berjalan dibalik layar. Praktis untuk mendengarkan musik berjam-jam.

Tidak afdol rasanya kalau tidak memberikan bukti betapa ringannya MOCP. Berikut hasil perintah top pada MOCP yang memutar playlist yang berisi 256 lagu.

ferry@ferry-X401U:~$ top -b -n 1 | grep -i "mocp"
2854 ferry     20   0  238608  19120   4072 S   6,0  1,2   0:48.99 mocp

Dari perintah top, terlihat bahwa MOCP hanya menggunakan RAM sebesar 238 Kb dan CPU berkisar 4-5% (CPU saya AMD E-450 dualcore 800MHz). Kalau anda menggunakan MOCP di CPU Quadcore kemungkinan hanya akan menggunakan 1-2% sumberdaya CPU saja. Ringan ya!

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: