Home > Linux Experience, Tips n Trick > Ubuntu 12.04 dan Intel 845 Chipset

Ubuntu 12.04 dan Intel 845 Chipset

Saya membuatkan untuk Lab.Sekolah racikan Ubuntu 12.04, beberapa software standar dan pengaturan saya masukkan. Intinya sudah lengkap dan tinggal pasang di komputer yang ada di Lab.Komputer. Nah, ternyata ada beberapa masalah yang timbul, terutama dengan hardware lama. Kalau dipaksakan menggunakan Ubuntu 8.04 ya memang lancar, tapi softwarenya kan jadul. Masa pembelajaran komputer terikat ke software jadul.

Di hardware lama, chipset Intel 845, CPU Intel Celeron 2,1 GHz dan RAM 768MB keluaran 2006-2008, seharusnya Ubuntu 12.04 akan lancar, apalagi sudah dengan tweak sana-sini dan bukan aplikasi compiz yang dijalankan. Supaya ringan, setiap user saya atur menggunakan gnome-session-fallback tanpa efek 3D. Tapi kenyataannya, Ubuntu 12.04 terasa lambat sekali, di komputer lain yang lebih baru terasa cepat. Bahkan tampilan LightDM pun terasa lambat. Pusing saya dengan bug satu ini.

Kecurigaan pertama ada di jumlah font, tapi jumlah font yang banyak memang dibutuhkan.

Lalu sempat terpikir apakah karena efek zram yang menggunakan kerja CPU yang lebih tinggi, tapi dari perintah swapon -s, zram belum terpakai.

Kecurigaan ketiga ke pilihan icon, saya menggunakan icon MacOS, sempat terpikir apakah icon-icon ini menggunakan tipe SVG sehingga proses render yang lama. Ok, saya ganti icon ke Humanity standarnya Ubuntu. Terasa sedikit peningkatan, tapi tidak segegas Ubuntu 10.04 apalagi 8.04.

Kecurigaan keempat, apakah karena VGA onboard yang hanya punya 8M memory. Tapi saya coba menjalankan aplikasi glxgears, tetap lancar dan menunjukkan 50-60 fps.

Setelah browsing, dan mencari-cari di internet, saya mendapatkan cerita beberapa bug kernel (tidak berhubungan sih). Saya berkesimpulan penyebabnya adalah libglx.so yang saya pasang. Saya lupa waktu itu saya mengambil libglx.so dari mana, entah dari paket Ubuntu atau saya copykan dari paket Debian.

Nah, akhirnya saya delete saja file libglx.so, dan masalahnya terselesaikan. Sistem terasa cepat kembali, aplikasi lebih responsif. Untuk lokasi libglx.so ada di folder /usr/lib/xorg/modules/extensions/

Tapi saya juga belum tahu salahnya dimana, kemungkinan karena VGA saya hanya 8MB, jadi tidak bisa memaksakan 3D di komputer ini.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

