Home > Hack, Networking > Menggunakan ZiProxy untuk menghemat kuota

Menggunakan ZiProxy untuk menghemat kuota

Akhir-akhir ini saya banyak memakai laptop untuk browsing dan mengerjakan beberapa pekerjaan saya. Nah, karena menggunakan laptop, otomatis pemakaian data lebih besar. Terutama karena saya ikutnya paket kuota 1,5 GB.

Bukan Linux namanya kalau tidak bisa mengatasi hal-hal sepele ini. Saya mencoba melakukan riset dengan mencari beberapa keyword yang umum. Misalnya “web compression”. Hingga akhirnya saya menemukan Ziproxy.

Tapi tunggu dulu, ini bukan aplikasi ajaib yang mendadak semua kuota anda bisa dihemat luar biasa. Hati-hati dengan jebakan betmen yang biasanya ada di artikel-artikel orang yang asal pasang.

Ziproxy sendiri adalah aplikasi proxy yang mempunyai keunggulan kompresi dan dukungan terhadap format JPEG2000. Tapi syaratnya untuk menikmati penghematan kuota adalah anda harus meletakkan Ziproxy ini pada server lain. Jadi bukan pada komputer pribadi.

Skema nya harus seperti ini:

Komputer anda --- internet --- Ziproxy --- internet

Ziproxy akan mengkompress file-file macam HTML, text, JS, CSS, dsb sehingga bandwidth terasa lebih lega lalu memberikannya pada anda dalam ukuran lebih kecil, sehingga koneksi 2G (EDGE) saja bisa terasa secepat 3G (kalau browsing – bukan download).

Saya menguji coba ziproxy pada server dan mencobanya di rumah. Dan memang sesuai dengan janjinya, Ziproxy mengkompresi file HTML 900 KB menjadi 130 KB, berarti hanya sekitar 20-30%. Luar biasa bukan?

Untuk lebih stabil, saya memutuskan menggabungkan Ziproxy dengan Polipo sebagai cache. Skema jaringan saya sebagai berikut:

PC - Polipo - Ziproxy ----- internet ----- Ziproxy server ------ internet

Untuk instalasi dan pengaturan, lain kali akan saya bahas.

Mungkin sementara bisa lihat dulu di website Ziproxy.

Categories: Hack, Networking Tags: , ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

