Home > Linux Experience, Ubuntu > Ubuntu dan Nokia Lumia 520

Ubuntu dan Nokia Lumia 520

Saya beberapa waktu lalu membeli Nokia Lumia 520 yang berbasis Windows Phone 8. Salah satu penyebabnya adalah diskon yang lumayan dan bosan dengan android (katanya Linux mania tapi malah pakai WP8. Wkwkwkwkwkwk). Kesan pertama menggunakan hape ini memang menyenangkan, simpel, elegan dan fun. Tapi adoohhh.. minimalis bangettt… Apalagi saya datang dari android dan iOS, apa-apa yang biasanya ada kali ini tidak ada (contoh sound profile, top toolbar notification).

Google contact yang ada di android juga lancar diunduh, tapi ada sedikit bug di WP8, yaitu bila anda memiliki kontak dengan tipe nomor telepon adalah tipe “Other”, anda harus mengubahnya dulu lewat Google Contact (buka di browser PC) ke “Mobile” atau “Home”.

Nah, sekarang bagaimana kalau WP8 dihubungkan di Ubuntu? Saya mencoba dengan Ubuntu 10.04, tidak merespon, Kubuntu 12.04 tidak merespon juga, tapi dengan Ubuntu 12.04 lancar. Saya menggunakan Live USB untuk Ubuntu 12.04, jadi betul-betul bekerja out-of-the-box.

Di Ubuntu 12.04, Nokia Lumia 520 dikenali sebagai MTP Device, jadi bisa langsung diakses lewat nautilus. Proses Drag-n-Drop juga lancar, walau ada beberapa file yang error saat dihapus (entah kenapa). Foto bisa dipindahkan langsung dari memori handphone ke kartu memori/PC. Semua lancar.

Di internet sempat beredar kabar bahwa kartu memori di-enkripsi di perangkat Windows Phone, tapi waktu saya mencoba ternyata tidak di-enkripsi. Saya bisa langsung menambahkan lagu ke kartu memori lewat PC (lebih cepat daripada lewat kabel data) dan langsung dikenali, hanya saja file playlist dengan format *.m3u tidak dikenali. Padahal itu salah satu cara saya untuk membuat playlist dengan mudah di Linux (sebagai tambahan, Blackberry bisa membaca file *.m3u).

Saya jadi tidak sabar pengen beli Ubuntu Phone (semoga dibawah 2 juta harganya..). Wkwkwkwk..😀

  1. okierie
    January 22, 2014 at 6:12 am

    Bisa bantu?
    Saya pake Lumia 520. Laptop pake Windows 8, PC kantor pake Ubuntu 13.04.
    Saya sambung lumia ke Ubuntu, tapi ga kebaca (ikon device lumia di nautilus jadi blink-blink).
    Beberapa hari kemudian Saya coba lagi dan kali itu koneksi lancar : cut, copy, paste, delete lancar.
    Sekitar seminggu kemudian, hal seperti di awal terjadi lagi dan sampai saat ini lumia Saya tidak bisa lagi dibaca nautilus. Apa mungkin karena update library nautilus jadi ga terbaca? Soalnya Saya ga pernah ketinggalan update Ubuntu.

  2. betweenmeandlinux
    February 3, 2014 at 5:34 am

    @okie: anda pakai USB 3.0? Kalau ya, kadang error di port USB 3.0
    Punya saya lancar di USB 2.0. Kabel tidak bermasalah ya?
    library GVFS coba diupdate.
    Ubuntu connect ke MTP dengan menggunakan gvfs backend.

  3. September 15, 2015 at 8:07 am

    widih, suhu linux nih, ijin menyimak dulu mas, masih belajar, blm familiar saya sama linux.hehe

    • betweenmeandlinux
      October 12, 2015 at 1:21 am

      Sama2 gan, saya juga masih belajar.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: