Home > Linux Experience > Linux keren? Iya!

Linux keren? Iya!

Beberapa waktu yang lalu saya sempat mengikuti lomba pembuatan media pembelajaran tingkat Jawa Tengah, masuk sebagai finalis, sayangnya diskualifikasi karena tidak ikut karantina. (yah.. diambil hikmahnya..)

Seperti biasa, ada yang menarik yang ingin saya share di blog. Pada waktu saya maju presentasi dengan laptop, langsung jelas terlihat tampilan Ubuntu 10.04 saya, entah kenapa, juri tidak banyak bertanya. Asumsi saya, jurinya tidak tahu Linux. Mungkin pikir mereka, ini ada makhluk dari antah-berantah yang bikin media dengan Linux, gimana caranya ya…

Pertanyaan teknis skak-mat andalan juri tiba-tiba jadi hilang, mungkin karena mendadak ada makhluk asing yang bukan dari planet Windows, ntar kalau ditanya dan salah tanya, malah malu sendiri. Dalam hati saya berteriak, “Yes!”. Hahahahahaha..😀

Ada yang saya cermati di acara itu. Setelah menimbang-nimbang dari semua pengalaman menggunakan baik Windows maupun Linux, bagaimana pun juga Microsoft Office (terutama powerpoint+macro) emang jagonya kalau dibuat media pembelajaran. Saya udah coba pakai LibreOffice, tetap aja kalah jauh. Apalagi Flash, memang tidak ada lawannya dalam hal animasi. Kalau anda hanya perlu sekedar presentasi, maka LibreOffice sudah cukup. Tapi bila berbicara tentang presentasi dinamis dan rumit, MS Powerpoint memang tidak ada tandingannya.

Tapi, tentu saja kembali ke anda, kalau tidak butuh rumit kenapa harus membeli apalagi membajak? Contohnya, orang Indonesia suka membajak Adobe Photoshop walau cuma dipakai untuk mengatur beberapa hal dari foto (misal brightness, rotate, dsb) , padahal aplikasi gratisan ada banyak dan jauh lebih simpel. Ini sih namanya overkill dalam pemakaian aplikasi.

Walau yang datang di acara itu notabene adalah guru-guru (dari guru agama sampai guru TIK), tetap saja acara tukar menukar software bajakan berlangsung dengan meriah. (Saya ikut mengcopy juga sih, penasaran dengan MS Office 2013, mumpung masih trial!). Sekian dulu ah, nanti malah curhat kebanyakan.😀

Categories: Linux Experience
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: