Home > Tips n Trick > Ayo kita nge-cloud

Ayo kita nge-cloud

Tren jaman sekarang ini bukan lagi aplikasi offline, tapi bergerak ke aplikasi online. Jadi ke depan kita tidak lagi mempersoalkan di komputer kita terisi software apa, karena hampir semua yang kita butuhkan tersedia secara online (cloud).

Cloud computing sendiri tidak hanya berbicara tentang storage atau ruang simpan secara online, tapi juga berbicara tentang aplikasi-aplikasi yang ada di awan. Jadi salah kaprah sebenarnya bila kita menggagas cloud computing bila hanya sebatas media simpan.

Misalnya, dulu kita menggunakan aplikasi email client macam outlook, thunderbird, dsb. Sekarang anda tidak perlu lagi menggunakan aplikasi seperti itu lagi. Semenjak munculnya webmail macam yahoo, dan akhirnya gmail, webmail ini kemudian merevolusi cara kita menggunakan email.

Ada banyak aplikasi cloud yang bisa kita gunakan, dan salah satunya bila anda menggunakan browser google-chrome, anda akan mendapatkan pasar aplikasi. Beberapa diakses secara online, beberapa menyediakan media simpan secara offline.

Berikut ini contoh aplikasi yang sering saya gunakan:

1. Email – Gmail
Menyediakan bukan hanya email, tapi juga buku alamat (contact). Sangat berguna karena Google juga menyediakan fasilitas sinkron dengan perangkat mobile lain (hape, tablet, dsb). Memiliki fasilitas offline, jadi email bisa dibuka walau tidak terhubung ke internet. Sangat terintegrasi dengan layanan google yang lain (Google Drive, Google Calendar, Google Doc, dsb)

2. Calendar – Google
Yang saya sukai adalah saya bisa sinkron dengan perangkat bergerak yang saya miliki, walau berbeda-beda sistem operasinya, dan juga fasilitas offline.

3. Photo editor
Untuk editing instan saya menggunakan Pixlr-o-matic, Pixlr-Express, dan PicMonkey.

pixlr-express

pixlr-express

pixlr-o-matic

Untuk editing yang lebih canggih, saya menggunakan pixlr-editor. Tampilannya mirip dengan Adobe Photoshop generasi awal (pintasan tombol juga mirip).

pixlr-editor

4. Aplikasi berita (Feed reader)
Saya menggunakan Google Reader karena fleksibel. Tapi selain itu saya menggunakan aplikasi “Read Later Fast” yang akan menyimpankan berita secara offline.

Aplikasi “Read Later Fast”

5. Aplikasi pencatat (Notes)
Saya menggunakan evernote karena fleksibel.

6. Aplikasi perkantoran
Untuk mengetik, membuat lembar kerja (spreadsheet) dan presentasi, saya memilih menggunakan SkyDrive dari Microsoft. Tampilannya sama dengan MS Office 2010 dengan beberapa fungsi yang dihilangkan.

Excel Online

Power Point Online

7. Chatting
Saya menggunakan imo, dan kadang ebuddy. Sudah mendukung multi-akun. Jadi anda bisa chat dengan teman-teman Facebook, YM, twitter, dsb.

Chatting dengan Imo

Jadi bila akses internet lancar, dan menggunakan aplikasi cloud sudah mencukupi kebutuhan dasar berkomputer, sebenarnya kita tidak perlu lagi menginstalasi aplikasi di komputer.

Menggunakan aplikasi cloud sangat nyaman, anda tidak perlu pusing dengan upgrade aplikasi, spesifikasi komputer tidak harus tinggi, harddisk juga tidak harus besar. Untuk perkantoran, ini berarti penghematan biata pembelian software. Yang perlu dibesarkan hanya bandwidth internet. Tapi aplikasi cloud sangat tidak cocok untuk daerah yang mengalami kesulitan akses internet. Juga tidak cocok untuk orang-orang yang biasa bekerja secara offline. Tapi bila anda terbiasa online, maka aplikasi cloud sangat cocok untuk anda.

sekedar cerita:
Dulu saya mempunyai rekan kerja asli dari Amrik. Karena saat itu kami perlu membuat aplikasi penilaian, rekan kami ini bersedia membuatkan. Nah, si bule ini ngotot mau mendatangkan CD aplikasi (Visual C++ kalau tidak salah) bekas punya temannya di Amrik. Termasuk waktu itu dia juga memberikan ke kami CD aplikasi Corel Draw versi 10 bekas karena pemilik nya sudah tidak menggunakan Corel Draw lagi.
Menariknya, dari cerita beliau, ternyata kebiasaan masyrakat Amrik adalah tidak sembarangan meng-instalasi aplikasi. Jadi bila tidak butuh ya tidak diinstall (tidak membajak).
Contohnya, bila mereka hanya perlu aplikasi grafis untuk memutar gambar, dan melakukan sedikit editing, maka mereka cukup mencari aplikasi gratis, tidak perlu sampai membeli Adobe Photoshop. Bandingkan dengan orang Indo yang ngotot minta diinstallkan Adobe Photoshop walau tidak ngerti bagaimana cara pakainya…

Categories: Tips n Trick Tags: ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: