Home > Linux Experience, Networking, Tips n Trick > Opera Turbo – Mana Janjimu??

Opera Turbo – Mana Janjimu??

Opera merupakan browser internet yang modern, cepat dan lengkap. Opera sendiri bukan hanya browser, tapi juga lengkap. Opera memiliki browser, email client, IRC client, mendukung add-on, sinkronisasi dengan Opera Mini, dsb. Jadi Opera merupakan browser yang lengkap. Selain itu salah satu fitur unggulannya adalah engine Presto yang dikembangkan oleh Opera untuk menangani layout saat penampilan halaman web. presto diklaim akan memproses lebih cepat.

Sebelum Google Chrome muncul, Opera merupakan browser dengan urutan pengguna terbanyak nomor tiga. Tapi kemunculan Google Chrome agaknya membuat Opera tergeser ke posisi nomor empat.

Untuk urusan kecepatan, Opera menawarkan Opera Turbo yang diklaim akan meningkatkan kecepatan loading halaman web. Tapi apakah benar sehebat itu? Saya putuskan untuk meng-oprek Opera for PC. Dengan analisa trafik wireless card akhirnya saya menemukan prinsip kerjanya.

Prinsip kerjanya adalah sebagai berikut: Akses web dilewatkan ke proxy Opera, lalu dikompress agar kecil baru kemudian dikirimkan ke browser, sehingga waktu loading menjadi lebih kecil. Logikanya Opera dengan menggunakan Opera Turbo akan menampilkan halaman web lebih cepat, tapi saya menemukan bahwa Opera Turbo tidak sama seperti yang dijanjikan.

Pada saat Opera Turbo diaktifkan, Opera akan melewatkan trafik ke proxy server Opera, biasanya server Opera Mini. Dalam kasus saya, Opera melewatkan ke proxy Opera Mini dengan ip 141.0.11.252 port 80. IP itu yang akan dibaca oleh web server. Selain itu, beberapa proxy Opera mini yang saya temukan cukup cepat respon pada waktu ping adalah sebagai berikut:
141.0.11.31
141.0.11.253
141.0.11.252
91.203.96.30

Saya mencoba memaksa pengaturan server yang digunakan tetap dengan IP 141.0.11.31 dengan membuat file turbosettings.xml (ada di /usr/share/opera/defaults). Isinya sebagai berikut:

<?xml version=”1.0″ encoding=”UTF-8″?>
<turbo_settings>
<wop proxy=”141.0.11.31:80″ />
</turbo_settings>

Dengan menggunakan speedtest dari http://telkomsemarang.net/datarate. Berikut ini hasil perbandingan yang saya dapatkan:

opera before turbo

Opera Before Turbo

opera after turbo

Opera After Turbo

Sebenarnya teknologi Opera Mini bukan satu-satunya web kompressor. Ada juga proxy fastun.com, yang sayangnya tidak gratis. Berikut ini screenshoot Opera dengan menggunakan proxy fastun.

Opera With Fastun

  1. April 5, 2013 at 2:59 am

    sepertinya pengujiannya kurang tepat, opera turbo digunakan sebagai webcompressor bukan proxy cache “negara terdekat”, jadi harusnya yang di benchmark bukan kecepatan pengiriman dummy data tapi kecepatan membuka halaman web terutama yang banyak gambar static (static dalam arti gambar nya sama termasuk juga gambar yang bergerak).
    contoh extrim coba buka situs sharing comic bandingkan kecepatan membuka halaman dengan atau tanpa “Turbo” dengan catatan setiap kali di uji cache harus di bersihkan.
    lagian pada disclaimer nya udah dibilang hanya effective pada jaringan lambat. saya gunakan turbo untuk menghemat quota saya heheh maklum orang miskin hehehe
    btw nice info

  2. betweenmeandlinux
    April 12, 2013 at 2:14 am

    klo kecepatan membuka halaman web, itu artinya benchmark engine Opera yaitu Presto. Padahal Opera Turbo fungsinya untuk kompressor lho, itu sesuai dengan claim Opera di website mereka.
    Hanya saja sepertinya engine Opera Turbo membagi proses menjadi dua, satu ditangani oleh Proxy, satunya ditangani oleh browser. Berbeda sekali dengan Opera Mini yang sepertinya semua ditangani oleh Proxy (100% oleh proxy? mungkin juga..)
    Saya sendiri lebih suka browsing dengan menggunakan Opera Mini di Android maupun di Tablet. Hemat kuota. Wkwkwkwkwkwkwk

    Dari temuan saya, sekarang Opera Mini pun seringkali lelet maupun gagal koneksi, mungkin karena pengguna di Indonesia terlalu banyak.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: