Home > Linux Experience, Tips n Trick > Mengenal Policy Kit pada Linux

Mengenal Policy Kit pada Linux

Sebenarnya topik ini muncul karena saya tiap kali mount partisi FAT32 di harddisk selalu muncul permintaan root password. Lama-lama capek juga, lalu terbersit ide untuk mencari tahu kira-kira bisa atau tidak mount partisi internal tanpa  root password ini.

Setelah googling, akhirnya ketemu juga caranya, referensi saya ambil dari sini:

http://yuanjie-huang.blogspot.com/2009/11/mount-internal-filesystem-without.html

Ok, kembali ke caranya:
1. Buka terminal, kita akan membuat sebuah file policykit. Ketik saja:
sudo nano /etc/polkit-1/localauthority/50-local.d/mountInternalPartition.pkla
Saya memberi nama file policy kit ini dengan nama mountInternalPartition.pkla (bisa dengan nama file lain, tapi harus dengan akhiran *.pkla)
2. Isi file mountInternalPartition.pkla adalah sebagai berikut:

[filesystems mount internal privs]
Identity=unix-group:disk
Action=org.freedesktop.udisks.filesystem-mount-system-internal
ResultAny=no
ResultInactive=no
ResultActive=yes

Yang terpenting adalah bagian identity dan action.

3. Anda bisa memberikan hak akses ke user, jadi baris Indentity akan menjadi seperti ini:
Identity=unix-user:username_anda

Di contoh, saya memberikan hak akses ke group disk. Ini akan mempermudah admin untuk pengaturan server yang mempunyai banyak username.

4. Pada bagian Action, merupakan bagian dari policykit yang menanyakan setiap kali anda melakukan mount partisi. Contohnya, bila saya akan mengubah hak akses (agar tidak ditanyai root password) pada saat mengubah user, maka yang muncul adalah seperti ini:

untuk daftar action apa saja yang disupport oleh system, bisa dengan membuka perintah pkaction.
5. Karena hak akses diberikan ke group disk, maka anda harus menambahkan username anda ke group disk. Bila lewat terminal:
useradd -G disk username_anda
Atau kalau lewat GUI, buka menu pengaturan user (Gnome: System – Administration – Users and Groups), lalu lanjutkan seperti gambar:

Note:
Saya tidak ditanyai password pada saat saya mount partisi yang mempunyai label. Mungkin policykit hanya menanyai karena Gnome mengakses UUID. Dan anehnya, partisi yang saya mount dengan root, tidak bisa diakses oleh username lain.
Anda sebenarnya bisa menambahkan mount partisi di /etc/fstab. Tapi bukan itu yang ingin saya bahas saat ini.🙂

Untuk referensi bisa buka disini: https://wiki.archlinux.org/index.php/PolicyKit

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

