Home > Tips n Trick, Ubuntu > Integrasi Rainlendar dan Gnome-Calendar

Integrasi Rainlendar dan Gnome-Calendar

Saya sebenarnya menyukai tampilan gnome-calendar yang terintegrasi dengan evolution. Tapi karena saya memilih menggunakan thunderbird, jadi evolution saya uninstall. Akibatnya, gnome calendar tidak lagi bisa menampilkan jadwal acara yang ada di google calendar saya.
Akhirnya, saya menggunakan rainlendar. Hanya saja, saya jadi penasaran bagaimana caranya menghubungkan gnome-calendar dengan rainlendar tanpa melalui evolution?
Setelah googling, akhirnya dapat pencerahan juga. Ternyata evolution menyimpan calendar yang biasa diakses oleh gnome di lokasi ~/.evolution/calendar/local/system.ics. Sedangkan rainlendar menyimpan calendar di ~/.config/.rainlendar2/backups/. Jadi untuk menghubungkan sebenarnya mudah, anda cukup membuat link dari file ICS evolution ke calendar yang ada di folder rainlendar.
Tapi, kendalanya adalah gnome-calendar tidak otomatis akan merefresh calendar. Anda harus logout-login kembali untuk me-refresh calendar. Atau bisa ketik perintah ini di terminal: killall gnome-panel.
Oh ya, bila rainlendar menghapus event, ternyata tidak memperbarui file ICS.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

