Home > Hack, Tips n Trick, Ubuntu > Ubuntu Lite – Stripped Down Version

Ubuntu Lite – Stripped Down Version

Ubuntu memang lambat, dan makin lama makin lambat, dan saya tidak suka.😀

Nah, karena lambat, maka saya pikir lebih baik buat versi modifikasinya. Kenapa Ubuntu lambat? Ubuntu menggunakan banyak service yang sebenarnya membantu user, misal bluetooth, empathy, gwibber, dsb.. Dengan menghilangkan aplikasi tertentu, maka sistem akan lebih lancar, minimalis dan ringan.

Saya tidak akan membahas cara modifikasinya, tapi saya akan berikan ke anda cara mempreteli Ubuntu agar ringan. Secara garis besar seperti ini:

1. Matikan compiz

2. Ganti tema GTK dengan tema yang ringan.

3. Buang semua service yang tidak perlu.

Untuk script membuang aplikasi, anda bisa gunakan perintah ini di terminal:

sudo apt-get remove --purge  -y software-center openoffice* gwibber*  vino vinagre pitivi gbrainy gnomine gnome-mahjongg gnome-sudoku aisleriot quadrapassel evolution-indicator evolution evolution-common evolution-plugins evolution-couchdb evolution-exchange f-spot empathy* uno-libs3 ure update-manager gnome-orca telepathy*

catatan:

OpenOffice disini saya buang karena saya mau menggunakan LibreOffice.

Karena buru-buru pulang, tulisan ini saya akan update beberapa hari lagi.🙂

update 8 februari 2012, bisa baca artikel disini:

https://betweenmeandlinux.wordpress.com/2012/02/08/strip-down-ubuntu-lucid-10-04/

https://betweenmeandlinux.wordpress.com/2012/02/08/ubuntu-11-04-lite-edition/

https://betweenmeandlinux.wordpress.com/2011/12/08/kubuntu-lite-edition/

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

