Home > Linux Experience, Networking > Menggunakan Koneksi 3G atau GPRS/EDGE?

Menggunakan Koneksi 3G atau GPRS/EDGE?

Baru-baru ini saya menggunakan tablet android, dan merasakan enaknya menggunakan tablet. Lumayan mantap, Huawei Ideos S7 Slim. Dibandingkan dengan Galaxy Tab memang sedikit lebih berat, tapi tidak apa-apa toh Huawei S7 Slim ini tetap nyaman.
Nah, seperti biasa, Android sangat boros baterai. Salah satu tips agar tidak boros, menggunakan tipe sinyal bukan 3G atau WCDMA, tapi menggunakan GPRS biasa atau EDGE.

Lalu saya pindahkan kartu saya ke modem karena saya butuh internet di laptop. Nah, cerita menariknya dimulai dari sini.
Saya menggunakan umtsmon untuk koneksi. Salah satu fitur yang ada di umtsmon adalah kemampuan untuk mengubah jenis koneksi, apakah akan menggunakan GPRS atau 3G.

Di tulisan saya yang lalu, saya memang membahas bagaimana memaksa Linux/Ubuntu menggunakan koneksi 3G. Dan kalau anda membaca di tulisan saya disini. Anda akan menemukan bahwa jangkauan signal GPRS jauh lebih besar daripada jangkauan signal 3G. Ini saya buktikan di modem saya. Saya menggunakan modem Huawei E153 di ubuntu 10.04 dengan kartu AXIS. Kalau saya menggunakan signal 3G, bisa dipastikan kekuatan signal yang saya dapatkan memang kecil dan kadang-kadang hilang.

Lalu saya terpikir, mengapa tidak mencoba menggunakan GPRS saja? Toh besarnya bandwidth speed untuk EDGE juga 384 Kbps, teorinya saya akan mendapatkan download speed 30 KBps. Ternyata masalahnya bukan di modem saya, tapi lebih ke provider yang menawarkan koneksi 3G yang sebenarnya sama dengan koneksi EDGE.

Dah ternyata, teori saya benar. Signal yang saya dapatkan penuh, dan akses yang saya dapatkan jauh lebih stabil. Nah, ini bisa anda praktekkan juga. Bila lokasi anda tidak bagus tangkapan signal 3G-nya, coba gunakan saja signal GPRS/EDGE. Yang penting sabaaar…🙂

Note:
Saya mendapatkan kecepatan download rata-rata sekitar 10 KBps yang stabil (jarang putus).

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

