Home > Linux Experience, Ubuntu > Inkscape dan Percetakan

Inkscape dan Percetakan

Baru-baru ini saya diminta untuk membuat brosur oleh sekolah. Nah, saya memutuskan menggunakan Inkscape sebagai aplikasi pengolah grafis. Toh, brosur hanya memainkan bentuk-bentuk objek seperti rectangle, memainkan font dan warna.

Jadi untuk sebuah brosur anda tidak memerlukan aplikasi komersial semacam Corel Draw. Nah salah kaprah-nya dimulai disini.

Seperti yang anda tahu, hampir semua percetakan di Indonesia memaksa menggunakan Corel Draw. Tapi untuk apa? Toh yang dimainkan bukan fungsi utama dari Corel Draw. Ini seperti menggunakan gergaji mesin untuk memotong papan triplek.

Yang saya tidak habis pikir, walau saya memberikan file dalam format JPG atau PNG, selalu mereka buka di Corel Draw. Seolah-olah tidak ada aplikasi lain untuk mencetak CMYK. Halooo?? Saya mengirimkan file bitmap ke anda. Kenapa diubah lagi ke vektor bila ukurannya sama persis??
Ok, itu uneg-unegnya. Nah, hal menarik yang saya pelajari selama menggunakan Inkscape adalah ini:

  • Jangan tertipu dengan ukuran piksel, bila menggunakan gambar bitmap (misal foto), gunakan foto dengan kualitas high-resolution.
  • Bila perlu ubah foto ke dua kali ukuran asli (dalam centimeter), baru kemudian di-import ke Inkscape.
  • Anda tetap harus memperkecil foto agar pas dengan frame di lembar kerja, tapi bila anda melakukan ekspor ke bitmap, anda akan mendapatkan sebuah brosur yang memiliki foto-foto dengan resolusi yang sangat tinggi.
  • Bila patokan anda adalah piksel, siap-siaplah mendapatkan hasil brosur yang foto-foto yang kabur/pecah.

Sekalian saja saya pajang hasil karya saya dengan Inkscape.😀

Categories: Linux Experience, Ubuntu Tags: ,
  1. September 6, 2012 at 4:03 pm

    bagus brosurnya..

  2. October 31, 2015 at 12:09 am

    pakai svg juga bisa kan?

  3. betweenmeandlinux
    November 4, 2015 at 5:21 am

    @zquiero: SVG Inkscape sama SVG Corel beda. Kalau mau diedit lagi, bisa pakai EPS. Tapi kalau udah fix, di JPG atau di PDF saja agar langsung naik cetak.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

