Home > Linux Experience, Ubuntu > Tomboy – si pencatat ide

Tomboy – si pencatat ide

Akhir-akhir ini saya suka sekali menggunakan tomboy untuk mencatat ide apa saja yang muncul. Mungkin anda-anda sudah pernah menggunakan, tapi saya rasa kok sebagian besar pengguna Ubuntu jarang menggunakan aplikasi kecil ini. Dari website pembuatnya, tomboy adalah aplikasi pembuat catatan kecil untuk Linux, Windows dan Mac OS X. Mudah dan sederhana tapi dengan kemampuan untuk membantu kita mengorganisasikan ide dan informasi yang kita temukan setiap hari.

Saya sendiri betul-betul terbantu dengan aplikasi ini. Semua ide tentang blog, majalah, maupun cara oprek aplikasi saya tuangkan lewat tomboy. Saya tidak perlu membuat catatan lagi dengan GEdit karena biasanya saya lupa saya mencatat apa saja dan saya taruh dimana file catatannya (mungkin saya perlu file catatan yang mencatat letak file catatan yang lain. Hahahaha.. :D)

Tomboy datang dengan applet yang bisa anda letakkan di gpanel, ataupun bila menggunakan selain Gnome, tomboy akan muncul pada system tray. Screenshootnya bisa anda lihat dibawah. Saya meletakkan applet tomboy di panel sehingga mudah diakses.
Beberapa kelebihan dari tomboy adalah :

  • Fasilitas link baik antar catatan di tomboy, lokasi, maupun link internet. Kemampuan untuk membuat link ini sangat baik bahkan saat anda mengubah judul catatan pun, link tidak akan hilang. Link juga bisa dibuat dengan cara drag and drop.
  • Semua disimpan secara otomatis oleh tomboy, tidak perlu tombol “Save”, cukup tutup saja jendela catatan. Tidak perlu lagi mencari-cari dimana anda menyimpan file catatan. Tomboy mencatat dalam bentuk daftar dan anda bisa mengelompokkan dalam kategori yang disebut notebook.
  • Ada fasilitas plugin, jadi anda bisa memperluas kemampuan tomboy dengan fungsi-fungsi tambahan.

Lalu kemudian saya merenung, kenapa tidak dari dulu saya pakai ini ya? Banyak ide bagus terbuang begitu saja. Lalu saya dapat jawabannya, ya karena saya tidak full menggunakan Linux. Kalau masih dual booting, mana sempat mencoba aplikasi tambahan ini. Kadang saya lihat pengguna Mac (terutama di luar negeri) kok bisa ya mereka menikmati OSX. Lalu terbersit kata-kata ini di hati saya: “Ya jelas, lha mereka adanya itu, tidak ada yang berpikir dual boot. Emangnya di Indonesia yang Windows minded! Mereka nggak pakai Windows juga nggak masalah, coba kalau di Indonesia, nggak pakai Windows bakalan dipandang seperti orang aneh.”

Categories: Linux Experience, Ubuntu Tags:
  1. August 16, 2011 at 3:31 pm

    Uh, sungguh. Saya belum bernah berpikir untuk menulis Tomboy meski saya juga punya Anda memerhatikan lingkungan sebegitunya. Salut, Pak.

    *Saya senang sekali merasakan semangat Anda memakai Linux. *

  2. betweenmeandlinux
    August 20, 2011 at 3:40 am

    Sama-sama mas Ade. Kita memang biasanya tidak terlatih dengan penggunaan OS Desktop karena OS Windows XP yang dulu kita pakai memang tidak lengkap sebagai sebuah Desktop. Jadinya yaa seperti kita-kita ini, tahunya ya memang harus install ini-itu, repot ini-itu. Bukannya menjelekan Microsoft, mereka juga sudah menyadari kesalahannya lalu sudah diperbaiki di Windows 7 yang lebih lengkap daripada XP (tapi tetap saja kita harus instalasi aplikasi tambahan – tetap saja repottt). Coba dulu yang bisa dibajak MacOS, pasti hasilnya generasi IT yang berbeda.😀

    *Saya senang sekali merasakan semangat Anda memakai Linux. * –> terima kasih! Akhirnya ada juga orang-orang yang mau pakai Linux.🙂

  3. August 25, 2011 at 3:23 am

    I never heard of Tomboy but will test it out.

  4. August 27, 2011 at 10:29 am

    “Coba dulu yang bisa dibajak MacOS, pasti hasilnya generasi IT yang berbeda. ” –macOS gak bisa dbajak???

    • betweenmeandlinux
      August 28, 2011 at 12:33 pm

      Dulu Mac kan harus di mesin Mac, tidak bisa di PC.
      Sekarang memang bisa di PC, jadi sangat memungkinkan untuk dibajak.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

