Home > Linux Experience, Ubuntu > Linux MP3 Tag Editor – Ex-Falso

Linux MP3 Tag Editor – Ex-Falso

Kali ini saya akan membahas tentang Ex-Falso, sebuah tag editor untuk MP3. Ex-Falso sendiri merupakan bagian dari aplikasi pemutar MP3 QuodLibet. Tapi anda bisa melakukan instalasi terpisah bila tidak menginginkan QuodLibet dalam sistem.


Biasanya aplikasi manajemen musik macam Rhythmbox, Banshee, Exaile sudah menyediakan fungsi tag editor. Aplikasi musik manajemen memang sudah lengkap dengan semua hal itu. tapi bila anda ingin aplikasi tag editor saja, ada beberapa pilihan yang bisa saya berikan rekomendasi ke anda: cowbell dan Ex-Falso. Tapi saya lebih memilih Ex-Falso karena lebih lengkap.

Untuk instalasi cukup cari dan install paket exfalso di synaptic, atau ketik ini di terminal: sudo apt-get install exfalso.
Ex-Falso mempunyai tampilan yang bersih dan mudah digunakan, yang paling penting Ex-Falso cepat dan ringan. Format yang didukung antara lain MP3, Ogg Vorbis, FLAC, Musepack (MPC), WavPack, dan MOD/XM/IT. Kemampuan yang diusung oleh aplikasi ini antara lain:

  • Mendukung banyak format audio, termasuk ID3v2
  • Tag key yang disediakan ada banyak, tidak terbatas ke judul, artis, dsb..
  • Mendukung plugin dengan menggunakan Python (plugin bawaan cukup banyak)
  • Dapat meng-edit banyak file secara bersamaan.
  • Mendukung penamaan tag dengan menggunakan format nama file, atau sebaliknya, dapat melakukan penamaan file sesuai dengan tag.

Berikut adalah screenshoot-nya:

Edit:
Saya menggunakan beberapa tag editor yang sayangnya masing-masing punya sisi lemahnya. Jadi mereka sebenarnya saling melengkapi tapi tidak lengkap dalam satu aplikasi.
1. Untuk memperbaiki file MP3 hasil convert dari Youtube, saya menggunakan MP3 Diags, lalu diperbaiki lagi dengan vbrfix karena biasanya hasil convert mempunyai durasi MP3 yang salah.
Untuk menggunakan vbrfix, anda bisa ketik ini di terminal:
vbrfix -always "input.mp3" "output.mp3"
2. Untuk membuat ID3tag berdasarkan nama file, saya menggunakan ExFalso
3. Untuk memasukkan cover art ke dalam file MP3, saya menggunakan EasyTag.
Agak ribet, tapi sementara baru ini yang saya rasa cukup nyaman. Kalau anda punya pendapat lain, silahka di-share dengan saya.🙂

Oh ya, untuk normalize MP3, anda bisa menggunakan MP3 Diags, tapi pastikan aplikasi mp3gain terinstall.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

