Home > Hack, Ubuntu > Lupa Password File OpenOffice?

Lupa Password File OpenOffice?

Hari ini saya harus membuat ulang daftar nilai untuk teman-teman di SD menggunakan LibreOffice Calc, nah karena waktu itu Sheet saya protect, saya coba unprotect. Tapi aduuuuhhh… gawattt, saya lupa passwordnya! Semua password yang pernah saya pakai saya coba masukkan, tapi tetap tidak bisa. Gawat, benar-benar gawat… Saya lupa sama sekali passwordnya.

Saya pikir, tenang dulu, tarik napas dalam-dalam, dan coba dipikirkan lagi bagaimana caranya. Ok, saya putuskan googling aja dulu.

Dari googling, saya ketemu dengan link ini http://user.services.openoffice.org/en/forum/viewtopic.php?f=9&t=19656&start=0 Tapi wah macet juga saat buka file content.xml menggunakan gedit maupun nano karena ukurannya yang besar. Waduh… Untung saya pakai Linux! Ada banyak perintah di Linux yang bisa saya pakai.

Cara ini saya lakukan untuk file ODS – OpenOffice Calc. Untuk file ODT, saya belum coba dan tidak tahu caranya.

Ok, supaya saya tidak lupa, saya putuskan langsung tulis saja di Blog:

1. Copy file anda sehingga anda punya backup kalau-kalau anda salah.

2. Klik-kanan file ODS, pilih Extract Here, anda akan mendapatkan sebuah folder dengan nama sama.

3. Buka terminal dan masuk ke folder itu. Kita tidak akan menggunakan text editor, tapi menggunakan perintah sed pada file content.xml

4. Kuncinya adalah mengganti table:protected="true" menjadi table:protected="false". jadi perintah sed yang digunakan adalah:

sed 's/table:protected="true"/table:protected="false"/g' content.xml

Perintah sed sangat cepat sekali, saya waktu itu juga bingung apakah berhasil atau tidak.

5.  Buka file ODS, tapi bukan dengan LibreOffice/OpenOffice. Klik kanan, dan pilih “Open with Archive Manager”.

6. Buka folder hasil ekstraksi ODS, klik dan drag file content.xml ke dalam jendela Archive Manager. Archive Manager akan menampilkan status “Replacing Files”

7. Tutup archive manager dan buka file ODS dengan OpenOffice/LibreOffice.

CARA DIATAS HANYA BERLAKU UNTUK FILE YANG DI PROTECT SHEET-NYA, BUKAN PROTECT DOCUMENT.

  1. August 16, 2011 at 3:00 pm

    Saya senang sekali menemukan blog ini lagi. Senang lagi ketika baca halaman About-nya. Akhirnya…

    Saya punya pengalaman PDF dokumen tidak terproteksi meski sudah saya set di Opsi PDF-nya. Saya mau dokumen tidak bisa disalin-tempel, namun setelah ekspor isi dokumen (teks) masih bisa disalin-tempel. Untuk proteksi berupa sandi pada pembukaan dokumen, bisa. Namun untuk yang proteksi salin-tempel, gagal. Saya pakai OpenOffice.org 3.2. Bagaimana itu, Pak Fer?

    Yang penting kita berbangsa dengan damai. Gotong royong lagi. Saya juga percaya kata-kata Bung Karno itu, Pak. Salam kenal, Pak Ferry.

    Ade Malsasa Akbar
    Belajar Linux Ubuntu | http://teknoplasma.com
    Pribadi | http://malsasa.co.cc

  2. betweenmeandlinux
    August 20, 2011 at 3:47 am

    Mas Ade, dari wikinya OpenOffice, saya dapat ini:

    “Permissions settings are effective only if the user’s PDF viewer respects the settings. ”

    Jadi memang bergantung ke PDF viewernya, kalau yang acuh terhadap DRM, mau di-protect juga tidak bisa. Bisanya cuma proteksi saat buka file.

    ini linknya
    http://wiki.services.openoffice.org/wiki/Documentation/OOoAuthors_User_Manual/Writer_Guide/Exporting_to_PDF

    • August 20, 2011 at 1:06 pm

      Oalah, Pak. Jadi begitu rupanya? Saya pakai Evince memang dan belum saya coba di Foxit Reader atau yang lain. Oya, acuh di sini maksudnya “ignore” atau “abai” ya, Pak? Setahu saya acuh itu berarti peduli.

      Saya lihat dari KBBI Daring:
      acuh v peduli; mengindahkan: ia tidak — akan larangan orang tuanya;

      Saya senang sekali. Terima kasih untuk kepedulian bapak.

      Ade Malsasa Akbar
      Belajar Linux Ubuntu | http://teknoplasma.com
      Pribadi | http://malsasa.co.cc

  3. betweenmeandlinux
    August 28, 2011 at 12:35 pm

    maksudnya ignore.😀

  4. August 5, 2014 at 1:59 am

    Ada software untuk brute force buat open office calc gk ? cz punyaku yg dipassword document-nya …

  5. March 26, 2015 at 6:22 am

    Kadang – kadang emang menjengkelkan kalau kita lupa password …

    • betweenmeandlinux
      April 15, 2015 at 1:29 am

      Setuju gan.🙂

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

