Home > Linux Experience, Open Source > Ingat Ini Jadi Geli

Ingat Ini Jadi Geli

Kalau ingat kisah ini saya jadi geli:
Beberapa waktu lalu saya membaca di sebuah forum yang bertanya apakah Linux jelek atau tidak, karena si penanya diberi tahu oleh orang lain bahwa Linux jelek karena proses shutdownnya yang cepat sekali. Argumennya sih, kalau cepat shutdownnya, pasti tidak bersih sistemnya, masih ada sisa-sisa cache yang nanti akan memperlambat sistem.

Saat saya membaca itu rasanya ingin ketawa. Benarkah opensource sebegitu menyebalkan bagi orang-orang closesource-mided? Atau mungkin kalau dibahasakan, apakah Linux sebegitu menyebalkan bagi orang-orang Windows? Tapi dengan menilik kebelakang, saya jadi paham kenapa mereka berpikir begitu. Saya pertama kali belajar komputer menggunakan Windows, hampir semua jenis Windows sudah pernah saya coba (kecuali Vista) baik versi Desktop hingga versi Server. Ya benar, saya belajar pertama kali bukan dengan menggunakan Linux, karena waktu itu Linux tidak tersedia seperti sekarang.

Tapi dengan seiringnya waktu, saya tahu bahwa sistem yang dipakai oleh banyak orang bukan berarti menjadi sistem terbaik. Walau pembuktian terbalik juga bisa mengatakan bahwa banyak orang memakai sistem itu karena itu sistem terbaik. Paham maksud saya?

Saya memutuskan bahwa menggunakan Windows bukan yang terbaik. Saya tidak mau menjadi bagian dari mayoritas.

Nah, kembali lagi masalah shutdown. Sebenarnya pemikiran bahwa booting dan shutdown yang lama sudah menjadi pemikiran baik orang-orang Windows, Mac, maupun Linux. Komputer generasi lama, terhitung sangat lama proses bootingnya. Waktu saya menggunakan Windows XP yang penuh dengan program, saya butuh waktu booting dari 45 detik-1 menit. Mungkin proses booting dan shutdown di Windows XP atau Vista yang mendasari kisah diatas. Nah, hal ini yang kemudian dicoba diperbaiki di Windows 7, dan tentu saja di Linux modern.

Jadi saat ini, OS modern memang mewajibkan waktu Booting dan Shutdown yang lebih cepat. Kalau bisa sistem loading dalam waktu kurang dari 10 detik. Kapan itu bisa terjadi? Setelah komponen dengan waktu akses terlama dari PC anda (harddisk) mengalami evolusi. Memang ada SSD, tapi itu belum bisa menjawab kebutuhan pengguna.

NB:
Saya jadi teringat bagaimana Blackberry booting, juga saat Android booting. Jadi timbul pertanyaan, kenapa semakin pintar hape, semakin lama booting-nya? Tidak percaya? Bandingkan saja dengan hape jadul anda yang bisa booting kurang dari 10 detik.🙂

  1. July 27, 2011 at 3:24 am

    hahahaha
    “Bandingkan saja dengan hape jadul anda yang bisa booting kurang dari 10 detik”
    soo true xD
    plus hape jadul selain booting cepet, bisa jadi senjata buat nimpug maling😛

  2. betweenmeandlinux
    July 27, 2011 at 4:57 am

    @soekarmana: betul, betul, betul.
    Ayo terus semangat menulis tentang Linux.🙂

  3. May 1, 2014 at 3:17 am

    hehe, salam linux
    sy seneng ada blogger semacam mas fery..share2 pglmnnya
    sy jg msh belajar linux…

    setelah sy baca2 artikel ini sampe nb (kok ws entek), kok rasa2nya ad yg mengganjal gtu…kurang byk
    barangkali mas tau, bagaimana linux bs shutdown lebih cpt drpd windows pd umumnya (khususnya sblm win8)?
    hehe😀

  4. betweenmeandlinux
    May 5, 2014 at 12:45 am

    @tito: Salam kenal mas.
    Sebenarnya sistem boot/shutdown dengan cepat tergantung dengan banyaknya service yang dijalankan. Semakin banyak service, semakin lama booting-nya atau shutdown-nya. Kenapa bisa lama? Karena ada service2 yang butuh “clean stop” untuk menjaga konsistensi data.
    Nah di Windows, servicenya banyak, ada antivirus (biasa paling terakhir dimatikan), ada startup application, dsb.
    Mungkin konsep service di Windows 8 berbeda dengan Windows sebelumnya sehingga terkesan lebih cepat. Kalau di Windows Phone 8 (kebetulan saya pakai), aplikasi dijalankan dalam mode “sandbox”, artinya dijalankan dalam ruang lingkup terbatas, tidak bisa mengubah sistem. Mungkin konsepnya juga dipakai di Windows 8.

    Sedangkan Linux versi Desktop sendiri nyaris tidak menjalankan service yang membutuhkan clean shutdown. Makanya cepat sekali boot dan shutdownnya. Begitu mas..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

