Home > Hack, Tips n Trick, Ubuntu > Install KDE minimal di Ubuntu 10.04

Install KDE minimal di Ubuntu 10.04

Bila anda pernah mencoba Kubuntu 10.04, anda akan merasakan betapa menjengkelkannya distro ini (setidak-tidaknya saya yang jengkel). Lalu saya penasaran, semestinya saya bisa mendapatkan sebuah distro KDE yang cepat tanpa boros RAM, hanya berisi aplikasi yang saya butuhkan.

Sebagai contoh, saya hanya membutuhkan aplikasi file manager, browser, IM, terminal, audio player, video player, image viewer, PDF viewer, text editor, dan OpenOffice. Bila saya memasang Linux untuk Laboratorium Komputer, tentu hanya membutuhkan aplikasi macam browser, OpenOffice, text editor, image viewer, dan PDF viewer. Tapi seperti yang anda tahu, yang disediakan di sebuah distro sangat banyak dan tidak semua saya butuhkan. Yang biasa saya lakukan adalah instalasi full distro, baru kemudian saya buang yang tidak saya butuhkan.

Tahukah anda, betapa beraaaatnya sebuah distro Ubuntu 10.04? Bila anda mengikuti perkembangan Ubuntu, anda akan menemukan bahwa Ubuntu semakin lama semakin berat dijalankan. Tentu saja Ubuntu semakin lama semakin disempurnakan untuk bisa berjalan optimal di komputer modern, tapi yang jadul tetap saja jadi lambat. Apalagi berharap komputer jadul menjalankan Kubuntu (KDE), wah buang aja ke laut. Anda bisa jengkel sekali menunggu setiap kali harus loading, istilah saya adalah “lola” – “Loading Lambat”. Hahahahahaha…

Tapi ada harapan untuk mencicipi KDE4 di komputer jadul, asalkan RAM yang anda gunakan minimal adalah 512MB. Saat saya mencobanya, yang saya gunakan adalah Pentium4 1.8GHz, RAM 512 MB, HD 40 GB. Yang harus anda siapkan adalah CD Ubuntu Server 10.04 dan koneksi internet (atau CD Repository) untuk mengambil paket yang anda mau. Saya tidak akan membahas bagaimana menginstalasi Ubuntu Server atau menambahkan repository, saya mengasumsikan anda sudah terbiasa dengan itu karena tutorial ini bukan untuk pemula.

1. Instalasi Ubuntu Server. Pada saat memilih apakah akan menginstall DNS, proxy, LAMPP, dsb. Pilih saja continue. Kita hanya memerlukan instalasi standar.

2. Atur repository sesuai dengan yang anda mau. Bila tidak cocok dengan isi file /etc/apt/sources.list, hapus saja semua dan isi dengan repository yang anda mau. Bila menggunakan CD repository, hapus dulu isi file sources.list, baru tambahkan CD-nya dengan perintah: sudo apt-cdrom add

3. Nah sekarang kita akan menginstalasi KDE4 secara minimal. Jangan lupa update dulu daftar paket anda: sudo apt-get update

4. Install KDE minimal:

sudo aptitude install --without-recommends kdebase-bin kdebase-workspace

Bila anda menggunakan opsi –without-recommends maka aptitude hanya akan menginstalasikan paket standar, bukan paket tambahan. Tentu saja imbasnya ke beberapa pengurangan fasilitas, tapi ini kan KDE minimal.😀

5. Sekarang install kdm: sudo apt-get install kdm. Apt-get akan menginstalasikan kdm berikut dengan xorg.
6. Restart, dan anda akan masuk ke tampilan KDM. Login dengan username yang anda sudah buat pada waktu instalasi Ubuntu Server.

Yang akan anda dapatkan adalah sebuah plasma desktop (KDE4), kdeklipper, akonadi file indexing dan xterm. Mungkin ini yang paling perlu ditambahkan:
1. Synaptic – sudo aptitude –without-recommends synaptic
2. Network Manager Applet – sudo aptitude install network-manager network-manager-kde

Setelah ini anda bebas mengeksplorasi apa saja yang perlu anda tambahkan ke sistem anda.

Dalam keadaan standar perintah top di xterm menampilkan pemakaian RAM sebesar 400 MB, sebagai perbandingan bila menggunakan

1. OpenBox RAM hanya dipakai 50 MB.

2. Gnome-minimal + GDM RAM terpakai 180 MB.

3. XFCE4 minimal dengan GDM, RAM terpakai 160 MB.

4. Ubuntu 10.04 standar : hanya membuka gedit dan gnome-terminal, RAM terpakai 300 MB.

5. LXDE dengan LXDM, RAM terpakai 180 MB.

KDE memang indah, tapi juga rakus RAM. Bila indexing anda matikan, maka akan lebih menghemat sekitar 20 MB.

Categories: Hack, Tips n Trick, Ubuntu Tags: , ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

