Home > Tips n Trick, Ubuntu > Menghilangkan Menu Program yang ada di Wine

Menghilangkan Menu Program yang ada di Wine

Instalasi program Windows dengan Wine saat ini sudah otomatis, tapi bagaimana dengan uninstall program yang sudah ter-install? Di Ubuntu 10.04 yang saya gunakan, memang Wine menyediakan tool untuk add/remove program, hanya saja tidak bisa betul-betul membersihkan instalasi. Masih ada pengaturan aplikasi yang masih tercecer disana-sini, misalnya pilihan pada Open with, Desktop Icon, Program Menu yang ada di folder menu Wine.

Dulu sih saya pikir, wah hapus saja Wine dengan menggunakan winetricks. Tapi lama-lama kok tidak praktis apalagi kalau jumlah program yang terinstall melalui Wine sudah cukup banyak. Masa harus install ulang tiap aplikasi?

Setelah menjelajah folder home, akhirnya saya menemukan dimana Wine melakukan instalasi “aksesori” tambahan-nya itu.

  • Untuk menu Open With, ada di folder ~/.local/share/mime/application, saya memilih menghapus semua “mime” yang Wine buat (x-wine-*.xml) karena saya mau Linux saya lebih bersih tampilannya.
  • Untuk folder menu, ada di folder ~/.local/share/applications/wine/Programs, anda bisa menghapus folder aplikasi yang tidak anda inginkan. Percayalah itu tidak akan mengganggu sistem Wine.

Satu hal yang sangat saya sukai adalah Wine tidak sama dengan Windows yang akan rusak bila anda sembarangan menghapus folder. Dan yang lebih praktis bila Wine macet? Hapus saja folder ~/.wine dan mulai dengan pengaturan yang baru. Linux betul-betul mudah dan simple..😀

Categories: Tips n Trick, Ubuntu Tags: ,
  1. March 1, 2012 at 7:27 pm

    trimakasih banyak mas.. akhirnya permasalahan saya berakhir.. hehehee

  1. September 14, 2012 at 4:22 pm

Leave a Reply

