Home > Linux Experience, Networking, Virtualbox > Samsung Wave 533 aka Pietro sebagai Modem di Linux Ubuntu 10.04

Samsung Wave 533 aka Pietro sebagai Modem di Linux Ubuntu 10.04

Beberapa waktu lalu saya sempat mencari-cari cara supaya hape Samsung Wave 533 saya bisa menjadi modem. Untuk pemakaian di Windows memang tidak ada masalah karena Samsung menyediakan mode Internet Sharing yang akan langsung menginstall modem di Windows. Tapi rupanya cara ini tidak berlaku di Linux. Saya sempat googling kesana kemari tapi tetap saja tidak ketemu.

Karena banyaknya pertanyaan bagaimana caranya di Windows, saya tuliskan saja tutorialnya dengan Windows:

  1. Anda bisa gunakan Kies 1.2, lalu klik Thetering di Kies. Kies 2 tidak ada fitur “Thetering”
  2. Atau cara mudahnya adalah tanpa Kies dan gunakan fitur “Internet Sharing” yang ada di Wave
  3. Untuk mengaktifkan “Internet Sharing” lihat langkah no.1 yang ada di bawah ini
  4. Wave akan otomatis menginstallkan driver USB untuk Windows, lalu akan menanyakan provider anda. Tinggal klik Connect.
  5. Untuk Wave 575 sepertinya sudah ada fasilitas Wifi Thetering

Lalu tanpa sengaja kemarin saya menemukan caranya. Jadi setelah hape saya tancapkan ke kabel USB, iseng-iseng saya membaca log dari dmesg, eh.. kok hape dikenali sebagai /dev/ttyACM0 dan /dev/ttyACM1. Lalu saya coba cari dengan wvdialconf, apakah dikenali atau tidak. Ternyata /dev/ttyACM0 dikenali sebagai modem dan wvdial mampu melakukan koneksi.

Wah kalau begitu, saya jadi penasaran bisa tidak hape ini dijadikan modem. Langsung saya buka Network Manager Applet , saya klik-kanan dan memang dikenali oleh Ubuntu ada modem broadband. Atur koneksi-nya sebentar, dan beres.. Hape Samsung Wave 533 bisa dijadikan modem. Cara ini saya rasa berlaku sama untuk tipe Samsung Wave yang lain, macam Samsung Wave525 aka Scotia dan Samsung Wave 575. Mungkin juga berlaku untuk Samsung Wave I dan Samsung Wave 2.

Langkah-langkah ini kemungkinan besar berlaku di distro Linux yang lain. Anda sesuaikan saja panduan dibawah ini dengan distro anda. Bila distro anda tidak terdapat Network Manager Applet seperti di Ubuntu, anda bisa gunakan wvdial untuk koneksi. Langkah-langkahnya sama seperti saat anda mengkoneksikan modem USB.

Ok, langsung saja kita ke pokok persoalan. Berikut ini adalah cara-caranya:

1. Pastikan hape terkoneksi ke kabel USB. Bila pengaturan masih seperti semula, Samsung Wave akan terkoneksi sebagai “Samsung Kies”. Bila tidak, silahkan ganti pengaturan ke mode “Samsung Kies” atau “USB debugging”. Buka menu Settings – Connectivity – USB. Kalau saya lebih suka membuatnya menjadi pilihan “Ask on connection”

2. Anda bisa melakukan koneksi dengan wvdial, tapi saya tidak akan membahas itu. Yang pasti hape dikenali sebagai /dev/ttyACM0. Anda bisa menggunakan wvdialconf untuk membuat profile koneksi.

3. Sekarang kita akan membuat profile koneksi dengan Network Manager Applet. Klik kanan Network Manager, cek “Enable Mobile Broadband”

4. Masih klik-kanan Network Manager Applet, klik “Edit Connections..”

5. Ikuti langkah-langkah seperti pada gambar.

6. Bila sudah selesai, klik kiri Network Manager, lalu pilih koneksi yang anda buat. Kalau saya menggunakan AXIS.Tunggu beberapa saat, Samsung Wave akan mengkoneksikan internet ke komputer.

7. Bila anda menggunakan mode “USB debugging”, akan ada icon globe disamping icon jaringan Edge (E). Ini persis sama dengan koneksi “Internet sharing” saat di Windows.

8. Oh ya, bila anda menggunakan mode “Samsung Kies”, jangan tekan tombol END (tutup telepon) di hape, atau umount folder hape yang ada di desktop. Koneksi akan secara otomatis terputus.

Langkah-langkah ini saya rasa bisa dijalankan untuk semua tipe Samsung Wave. Hanya saja kadang kala hape macet, saya mendapati bahwa hape hanya bisa dipakai konek satu kali, setelah itu anda harus me-restart hape. Bila perlu restart komputer.

  1. May 26, 2011 at 6:27 am

    mantap gan sedikit pencerahan..
    ane googling kesana kemari g dpt.
    ane pake samsung galaxy 5510
    os ane backtrack sama centos.lg kebingungan untuk koneksi internet

    • betweenmeandlinux
      May 28, 2011 at 1:57 am

      mantap.. Kalau sudah bisa, share ya gan.🙂

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

