Home > Linux Experience > Susahnya pakai Windows

Susahnya pakai Windows

Kemarin saya sedang belajar developing web menggunakan Drupal, awalnya sih saya jalankan XAMPP di Linux. Tapi karena ada beberapa program Windows untuk developing web yang saya masih simpan, saya pikir saya mau coba jalankan di VirtualBox saja.

Windows XP yang saya gunakan di VirtualBox masih kosong, belum ada apa-apa. Hanya 1 buah antivirus ringan yang saya pasang. Setelah instalasi XAMPP, baru saya menyadari bahwa sulit sekali menggunakan Windows. Saya mengalami kerepotan lagi untuk instalasi banyak program-program pendukung hanya supaya sistem bisa berjalan dengan lancar untuk keperluan web developing.

Ughh.. ternyata repot sekali… Saya harus instalasi browser lagi (IE jelek! Saya tidak mau pakai😛 ), editor teks, php editor, belum lagi instalasi grafis editor, bla bla bla…. Menginstalasi itu semua butuh beberapa jam dan pasti sistem saya menjadi bertambah berat…

Selama ini memang tidak terasa, karena OS jarang saya install ulang. Tapi sekarang jadi terasa bahwa OS Windows XP sama sekali tidak lengkap! Tanpa software pihak ketiga, anda akan kesulitan buangetttt.. Berbeda sekali dengan Linux yang sama-sama 1 keping CD tapi sudah lengkap. Anda akan mendapat 1 OS lengkap yang betul-betul “running out of the box” !

Bandingkan saja, apa yang bisa anda dapatkan dengan aplikasi Notepad? Bandingkan dengan GEdit! Bandingkan Wordpad dengan Abiword! Seperti membandingkan pedalaman dengan metropolitan! Picture Viewer Windows?? Wah jauh… Picture Viewer Linux sudah jauh lebih powerfull. IE dan Firefox? Hahahahahaha…. itu sih gak usah dibahas.

Saya menjadi bertanya-tanya, sebetulnya 1 CD Windows XP itu isinya apa sih?? Sama-sama 700 MB kenapa programnya sedikitt?????? Memang hasil instalasi Linux dan Windows berbeda. Windows XP “kosong” hanya 1,2 GB, sedangkan Linux bisa 2 GB. Tapi kita akan mendapat OS yang sangat lengkap.

Ah.. Betul-betul susah menggunakan Windows XP…

Categories: Linux Experience Tags: ,
  1. July 19, 2011 at 7:11 am

    lebay ah, situ belajar komputer pertama kali juga windows kan..

    • betweenmeandlinux
      July 19, 2011 at 8:26 am

      Lebay itu relatif mas.😀
      Kalau dulu di jaman saya seperti sekarang, pasti kita ada pilihan belajar komputer pakai OS apa. Tapi tetap saja bukan berarti Windows yang paling baik kan? Dipakai oleh orang banyak bukan berarti lebih baik lho.🙂
      Kalau sering install ulang komputer, pasti akan merasakan bahwa instalasi Linux jauh lebih simpel dan cepat daripada Windows. Saya install ulang Linux cuma perlu waktu 10 menit dan sudah running, bisa konek wifi, modem, ada OpenOffice, photo manager, torrent, firefox dan virus free. Tapi Windows? Bisa dalam 10 menit dapat semua? Dari pengalaman saya me-remaster instalasi Windows, paling cepat juga 1 jam. Kalau melihat itu, saya rasa saya tidak lebay.😀

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

