Home > Ubuntu > Memaksimalkan fungsi Nautilus dengan Scripts

Memaksimalkan fungsi Nautilus dengan Scripts

Sebagai File Manager default untuk Gnome, Nautilus menawarkan banyak kemudahan. Salah satunya adalah dapat dimaksimalkan dengan menggunakan script. Saya sendiri sangat mendukung penggunaan Linux sebagai Personal Desktop, jadi bukan hanya sebagai server saja. Saya menganggap kemudahan-kemudahan di sebuah desktop harusnya juga ada di Linux.

Anda bisa mendownload script aslinya di sini

Khusus untuk posting ini, saya menambahkan script modifikasi saya karena saya membutuhkan script untuk editing image secara sederhana. Pastikan pake ImageMagick sudah terinstall di komputer anda. Script yang saya tambahkan/ganti adalah:

  • Convert to JPG, PNG, BMP
  • Rotate Left, Rotate Right
  • Mirror Horizontal, Mirror Vertical
  • Watermark by Text, Watermark by Image
  • Scale to 25%, 50%, 200%, Custom, Thumbnail

Silahkan download filenya di sini: nautilus-scripts

Ganti extension nya dari ODT ke ZIP (terpaksa diubah extension nya karena wordpress.com tidak mau menerima file archive).

Ekstrak isinya ke folder ~/.gnome2/nautilus-script. Anda bisa menggunakannya dengan hanya klik-kanan file yang ingin anda ubah.

UPDATE:

Bagi yang mendownload script sebelum tanggal 4 Mei 2011, silahkan download ulang script-nya. Ada kesalahan di dalam pembacaan file

Categories: Ubuntu Tags: , , ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

