Home > Tips n Trick, Ubuntu > Sharing profile untuk Thunderbird di Windows dan Linux

Sharing profile untuk Thunderbird di Windows dan Linux

Saya menggunakan sistem dual-boot, Linux dan Windows. Dan email client yang selama ini saya gunakan adalah Mozilla Thunderbird. Nah kendalanya, saya sudah menyimpan banyak sekali email di Windows, padahal saya lebih banyak menggunakan Linux.

Kalau terus menerus reboot Linux-Windows tentu saja menjengkelkan. Lalu muncul ide untuk sharing data antara Thunderbird di Linux dan Thunderbird di Windows. Setelah googling, ternyata keduanya memiliki kesamaan bentuk struktur folder.

Ok, sekarang kita bahas bagaimana cara sharing data.

Karena partisi Windows tidak mengenal link, saya membiarkan data email saya tetap di partisi Windows, dan Linux mengambilnya dalam bentuk link ke folder di partisi Windows.

Mount dulu partisi Windows anda (drive C), saya asumsikan anda mount ke folder /media/drive_c
Thunderbird di Windows menyimpan email dalam folder: C:/Documents and Settings/Username_anda/Application Data/Thunderbird/Profiles/
Nah, didalam folder itu ada folder dengan nama acak, disanalah data email, plugin, dan pengaturan disimpan. Ditempat saya, ada di folder tn6adoz0.default

Selanjutnya cek, folder email di Linux. Thunderbird di Linux menyimpan data didalam folder /home/Username_anda/.thunderbird. Isinya ada 3, yaitu file appreg, profiles.ini, dan sebuah folder data email dalam format nama_acak.default

Sekarang buka terminal, kita akan membuat link ke folder Thunderbird yang ada didalam Windows.

  1. Semua perintah diketikkan dalam user anda (bukan root/menggunakan sudo). Perintah di terminal saya tulis dalam bentuk huruf miring (italics) dan warna merah, dan folder email saya yang ada di Windows berada di /media/drive_c/Documents and Settings/Ferry/Application Data/Thunderbird/Profiles/tn6adoz0.default.
  2. Kita akan membuat link didalam folder data Thunderbird Linux. Masuk ke folder Thunderbird:
    cd  .thunderbird/
  3. Buat symbolic link ke folder di Windows dengan nama WinProfile:
    ln -s /media/drive_c/Documents and Settings/Ferry/Application Data/Thunderbird/Profiles/tn6adoz0.default WinProfile
  4. Buka/edit file profiles.ini, ubah nilai dari baris Path ke WinProfile di bagian [Profile0], jadi isi nya akan menjadi seperti ini:
    [Profile0]
    Name=default
    IsRelative=1
    Path=WinProfile
  5. Buka Thunderbird anda, tunggu hingga Thunderbird selesai melakukan pengecekan plugin. Nah, sekarang anda sudah mempunyai 2 profile yang berhubungan.🙂
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

