Home > Hack, Networking, Tips n Trick > Antena kaleng untuk modem 3G

Antena kaleng untuk modem 3G

Saya menggunakan panduan dari blog opensource speedy, tulisannya pak Onno W. Purbo. Dengan panduan itu, saya coba modifikasi antena parabola dengan menggunakan kaleng minuman.

Signal yang didapatkan lumayan lho, naik dari -87 dBm ke -73dBm. Kalau dengan perintah gcom tanpa antena didapatkan hasil 13,99, setelah penambahan antena dan diarahkan dengan tepat, saya mendapatkan hasil 20,99. Naik 7 point.. Yah lumayan lah..

Yang terasa sekali tentu saja kecepatan download, dari biasanya sekitar 150-300 Kbps menjadi 1,3 Mbps! Ini bukan tipu-tipu, tapi kebetulan saja rumah saya dekat dengan BTS XL yang saya pakai. Sekitar 2-3 km dari rumah, jadi signal 3G XL di rumah saya memang sangat bagus.

Kalau pengukuran saya benar, mestinya saya bisa dapat penguatan 4-5 dbi Kalau anda tertarik, bisa membuat sendiri antena tambahan untuk modem 3G.

1. Anda bisa gunakan kaleng minuman standar (Jangan menggunakan kaleng softdrink kecil, saya menggunakan Pocari karena agak tebal). Pilih kaleng yang agak besar karena kita butuh bukaan parabola yang lebar.
modem01
2. Potong kaleng pada bagian bawah dan atasnya, bisa dengan gergaji besi lalu cutter/gunting. Buang semua bagian bawahnya. Tapi sisakan bagian atas kurang lebih 2-3 cm. Pastikan sisa 2-3 cm itu tegak lurus dengan mulut kaleng.
modem02
modem03
modem04
3. Buka kaleng, rapikan agar tidak melukai tangan. Lalu ambil kaleng roti diameter 15 cm, gunakan sebagai cetakan agar antena kaleng anda bisa terbuka dengan diameter 15 cm. Tekuk-tekuk sedikit agar kira-kira bisa pas 15 cm. (gambarnya saya ambil dari referensi antena bir untuk wifi-prinsipnya sama)
modem05
modem06
4. Supaya tidak kembali ke bentuk awal, selotip dengan selotip busa pada tepian antena kaleng. Di foto saya ada tepian warna merah, nah itu selotip busa saya.

5. Taruh modem kira-kira 3-4 cm dari bukaan kaleng, biar enak, ganjal pakai dos yang diselotip ke kaleng.

6. Masukkan modem ke antena kaleng, selotip modem ke dos pengganjal.

7. Modem+antena siap digunakan. Anda hanya perlu mengarahkan ke signal yang tepat. Caranya bisa gunakan gcom atau bisa juga baca artikel saya disini.

Ini nih gan fotonya biar jelas

ini hasil speedtest. Mantap kan? :D

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

